oleh

5 Cara Bikin Lingkungan Rumah yang Aman Ketika Bayi Belajar Merangkak

PortalMadura.Com – Melatih bayi untuk belajar merangkak merupakan tugas seorang ibu. Fase ini penting dilakukan sebelum si kecil berjalan. Sebab, merangkak adalah salah satu fase penting yang harus dilewati setiap bayi di masa perkembangannya.

Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa fase bayi merangkak adalah tonggak utama untuk melatih keseimbangan dan perkembangan motorik si kecil. Selain itu, ketika bayi mulai merangkak, memantau dan menjaga keamanan anak jelas penting. Hal tersebut dikarenakan koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan si kecil belum berkembang sempurna, sehingga tetap butuh perhatian.

Berikut ini lima keamanan yang bisa Anda lakukan saat bayi sedang belajar merangkak:

Perhatikan Perangkat Listrik di Rumah
Beli peralatan listrik dengan tali pendek sehingga bayi tidak bisa menarik, menggapai, atau tersangkut kabel. Selain itu, tutup stop kontak dan jauhkan si kecil dari jangkauan sumber listrik.

Jauhkan Barang-barang Berbahaya dari Jangkauan Bayi
Letakkan obat-obatan, benda tajam seperti pisau dan gunting, atau barang pecah belah di tempat yang tidak bisa diraih bayi. Singkirkan juga barang-barang berbahaya di lantai yang sekiranya mungkin digapai si kecil. Hal ini penting agar bayi merangkak dengan aman dan tidak terluka.

Tetapkan Batasan-batasan Area yang Boleh Dijelajahi
Jauhkan si kecil dari area berbahaya di rumah seperti kamar mandi, dapur, dan tangga. Anda bisa memasang pagar pengaman di pintu masuk dapur atau kamar mandi. Hal ini dilakukan agar bayi yang baru belajar merangkak terhindar dari bahaya yang mungkin terjadi karena memasuki area tersebut.

Sudut-sudut Perabotan
Amati perabotan rumah Anda. Apakah ada yang sudutnya tajam dan bisa melukai bayi bila ia tidak sengaja menabraknya saat merangkak?. Misalnya kaki kursi atau sudut meja pendek?. Baut yang ujungnya keluar dan tajam?. Bila ada, Anda dapat menggeser perabotan ini atau melapisinya dengan karet pengaman sudut perabotan yang biasa. Cara lain yang bisa dicoba adalah melapisi perabot dengan busa tipis yang diikat kencang.

Jaga Kebersihan Rumah
Pastikan lantai yang dipakai untuk bayi belajar merangkak sudah bersih. Permukaan yang kotor bisa membuat si kecil tidak nyaman saat merangkak. Belum lagi jika bayi hobi memasukkan benda ke dalam mulutnya. Jika tidak diawasi, bisa saja si kecil memasukkan benda kotor yang ada di lantai ke dalam mulutnya. Pastikan pula tidak ada serpihan-serpihan atau benda apapun yang bisa melukai lutut dan tangan bayi. (kumparan.com/Salimah)


Komentar