Hati-hati, Ini 5 Jenis Penyakit yang Rentan Serang Tubuh Wanita

Jenis Penyakit yang Rentan Serang Tubuh Wanita
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Seorang wanita dalam satu waktu bisa melakukan banyak hal. Sehingga tidak jarang jika mereka sering abai dengan kesehatan tubuhnya sendiri. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menjadi mudah sakit, baik itu disebabkan karena penyakit yang biasa atau yang membahayakan.

Lantas, penyakit apa saja yang sering menyerang tubuh wanita?. Anda penasaran?.

Berikut lima jenis penyakit yang kebanyakan terjadi di tubuh wanita:

Menstruasi Tidak Teratur
Menstruasi yang berlangsung sejak pubertas hingga menopause memiliki beragam macam gangguan. Mulai dari menstruasi dengan pendarahan hebat, menstruasi berkepanjangan, atau siklus yang tidak teratur. Seringkali ketidakteraturan ini bersifat fisiologis.

Pada remaja putri, penyebab menstruasi tidak teratur adalah penyakit ovarium polikistik, penyakit tiroid atau kista ovarium sederhana. Pada usia produktif, seringkali ketidakteraturan menstruasi akibat pendarahan uterus disfungsional (DUB). Penyebab umum lainnya adalah polip rahim, endometriosis, Adenomyosis, fibroid, kista ovarium, dan diabetes.

Bahkan, menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi awal dari penyakit kanker serviks atau endometrium. Oleh karena itu, periksakan kesehatan Anda jika Anda mengalaminya.

Infeksi Saluran Kemih
Infeksi saluran kemih atau ISK juga paling banyak menyerang wanita. Seringnya terjadi karena masuknya bakteri E.coli di saluran kemih karena dekatnya letak anus dengan uretra wanita.

Gejala dari ISK meliputi rasa seperti terbakar saat buang air kecil, seringnya kencing, urin berwarna gelap, nyeri di punggung bawah dan perut, hingga demam. Biasanya pengobatan ISK meliputi pemakaian antibiotik.

Kanker
Selain kanker payudara dan kanker leher rahim, wanita juga rentan mengalami kanker endometrium, kanker paru-paru, atau kanker kulit.

Untuk mencegahnya, sangat pentinglah disarankan melakukan pemeriksaan payudara dan mamografi secara rutin. Demikian pula dengan ultrasound panggul untuk memeriksa patologi endometrium dan ovarium.

Kecemasan dan Depresi
Wanita lebih berisiko tinggi untuk terkena depresi dan kecemasan karena sistem hormonal. Itulah sebabnya wanita mudah mengeluh, gelisah, binggung, tidak percaya diri, dan seringkali menangis secara berlebihan. Tidak mengherankan pula apabila depresi rentan terjadi saat wanita mengalami menstruasi, setelah melahirkan, atau gangguan kecemasan di masa menopause.

Obesitas
Wanita juga rentan untuk mengalami kegemukan yang bisa berdampak negatif pada kesehatan. Apalagi wanita sering depresi yang kemudian membuat wanita akan menghibur dirinya dengan banyak makan.

Meski beragam hal mendasari wanita mengalami kegemukan, namun tetap saja penyebab utamanya adalah makan terlalu banyak dan bergerak terlalu sedikit. Sehingga langkah utama untuk mencegah obesitas adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. (merdeka.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.