Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Bikin Si Kecil Jadi Susah Makan

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Bikin Si Kecil Jadi Susah Makan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti sangat senang melihat si kecil lahap makan, terutama saat mengonsumsi makanan sehat. Tidak heran, banyak dari mereka yang berjuang dengan keras dan melakukan serangkaian cara kreatif untuk mengolah sayur atau buah agar bisa mengonsumsinya tanpa pilih-pilih.

Sayangnya, menurut sebuah penelitian, ada beberapa perilaku yang justru dilakukan oleh orang tua yang bisa membuat anak jadi enggan untuk makan. Perilaku apa sajakah itu?.

Berikut lima perilaku orang tua yang justru bikin anak menjadi sulit makan:

Membiarkan Anak Ngemil di Sela Waktu Makan Utama
Jika Anda berpikiran bahwa membiarkan anak untuk ngemil di sela waktu atau jam makan utama adalah hal yang normal, maka pemahaman tersebut salah. Apalagi jika Anda membiarkan buah hati untuk ngemil kue manis, cokelat, atau es krim.

Alasannya, makanan tersebut cenderung akan membuat mereka merasa mudah kenyang. “Asupan kalori pada anak-anak jumlahnya lebih sedikit daripada orang dewasa. Mereka membutuhkan 1000 kalori per hari dari makanan, seperti berjumlah 300-400 kalori. Sehingga dengan jelas mereka akan merasa mudah untuk kenyang dan tidak lagi berselera dengan makanan yang disajikan di jam makan utama,” terang penelitian ini.

Memberikan Makanan dengan Kuantitas yang Banyak
Dengan pemikiran bahwa mumpung anak doyan makan, maka orang tua memberikan makanan dengan jumlah yang banyak. Padahal, kelebihan makan bisa menyebabkan kelebihan asupan kalori yang membuat sistem metabolisme melambat dan perut jadi kembung serta nafsu makan berkurang. Hasilnya?. Anak jadi malas makan di jam makan berikutnya.

Tidak Memberikan Jam Makan dengan Benar
Idealnya, jam makan anak adalah 3 kali jam makan utama dan 2 kali jam makanan ringan. Para orang tua harus disiplin dengan hal itu. Sebab, jika Anda mengacaukannya maka sistem pencernaan mereka pun jadi kacau dan akhirnya mereka enggan untuk makan.

Sembarangan dalam Memberikan Makanan
Tidak hanya untuk membuat kenyang, makanan yang diberikan pada buah hati juga harus sehat. Jangan tertipu dengan label makanan sehat dalam makanan kemasan. Sebab makanan kemasan tetaplah mengandung zat tambahan, berbeda dengan bahan makanan alami.

Salah satu contohnya adalah makanan yang diolah dengan sarat gula dan jumlahnya melebihi asupan kalori harian anak, bisa membuatnya lesu dan hilangnya nafsu makan.

Tidak Memberi Waktu Jeda Makan
Selain memerhatikan jam makan, Anda juga harus memberi jeda waktu makan dan pilihan makanan yang seimbang untuk menu sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan. Jika Anda tidak memberikan waktu jeda makan, akan terjadi gangguan metabolisme yang akhirnya menghambat kerja pencernaan. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.