Hati-hati! Ini 5 Lokasi Paling Angker di Jawa Timur

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati! Ini 5 Lokasi Paling Angker di Jawa Timur
ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu provinsi dari sekitar 33 provinsi di Indonesia. Provinsi yang beribu kota Surabaya ini mempunyai 29 kabupaten dan 9 kota. Karena banyaknya kabupaten dan kota di provinsi ini menjadikan keanekaragaman destinasi wisata yang perlu Anda kunjungi.

Mulai dari wisata pantai, gunung, edukasi, bahkan kuliner lengkap terdapat di provinsi Jatim. Namun, selain beberapa keindahan yang di sajikan di Jawa Timur, ada juga beberapa kota yang menyuguhkan sisi mistis.

Tahu kah Anda bahwa ternyata ada lima lokasi yang dikenal paling angker di Jawa timur. Anda penasaran kota mana saja kah itu?. Berikut daftarnya:

Alas Purwo, Banyuwangi
Tidak hanya terkenal dengan santetnya, Banyuwangi juga menyimpan satu tempat paling menyeramkan di Jawa Timur bahkan mungkin satu-satunya di Indonesia, tempat ini bernama Alas Purwo. Meski hutan ini diperuntukkan untuk cagar alam, tapi disamping itu tempat ini juga menyimpan hal-hal mistis yang bakal membuat Anda merinding!

Banyak kabar beredar jika Alas Purwo adalah kerajaan jin, tempat pusatnya semua makhluk halus berkumpul, dan banyak pula berita orang-orang yang sekali masuk dan tidak bakal bisa kembali lagi.

Klampis Ireng, Ponorogo
Meski dari namanya terkesan biasa saja, tapi bagi orang Ponorogo tempat ini sudah cukup membuat mereka merinding ketakutan. Ya, apalagi kalau bukan legenda mistisnya yang sudah terkenal turun temurun itu. Klampis Ireng adalah sebuah bangunan lingkaran datar yang tengahnya terdapat sebuah lubang. Letaknya sendiri ada di Desa Sragi.

Tidak diketahui apa maksud bangunan ini, namun menurut juru kunci yang menjaganya, Klampis Ireng adalah tempat yang dibangun oleh Semar, salah satu tokoh Punakawan dalam tokoh pewayangan Jawa.

Karena namanya yang sudah kondang ini, Klampis Ireng sering dipakai sebagai tempat ritual dan bersemedi. Tempat ini dulu sangat susah ditemukan, namun sekarang sudah cukup banyak yang tahu. Jika penasaran dengan aura mistisnya yang melegenda itu, silahkan Anda datang ke sini.

Alas Ketonggo, Ngawi
Selain Alas Purwo yang ada di Banyuwangi, ada satu lagi hutan di Jawa Timur yang kental sekali dengan nuansa mistisnya. Tempat ini bernama Alas Ketonggo atau Srigati yang ada di Ngawi. Dilihat dari namanya sendiri sebenarnya sudah cukup merepresentasikan apa yang ada di dalamnya. Ketonggo berasal dari kata “Katon” yang berarti terlihat dan “Onggo” yang artinya adalah makhluk halus.

Menurut sejarah, tempat ini adalah hutan di mana Prabu Brawijaya bersembunyi ketika Majapahit diserang Demak. Alas Ketonggo juga sekaligus tempat dimakamkannya sang raja yang dibuktikan lewat sebuah makam tua.

Sama seperti dua tempat mistis di atas, Alas Ketonggo juga katanya adalah sebuah kerajaan gaib. Tempat ini juga sering sekali dikunjungi banyak orang entah untuk bersemedi atau berziarah.

Nusa Barong, Jember
Nusa Barong juga merupakan salah satu tempat yang paling dikenal memiliki aura mistis kental di Jawa Timur. Konon salah satu pulau terluar di Indonesia ini dijadikan tempat untuk menimba ilmu-ilmu gaib. Nusa Barong sendiri memang hanyalah pulau yang tak berpenghuni meskipun dulunya sempat dijadikan tempat singgah di tahun 1700an.

Untuk menuju pulau mistis ini, Anda harus singgah di sebuah tempat bernama Puger untuk kemudian menyebrang ke Nusa Barong. Nuansa yang angker begitu terasa begitu perlahan memasuki kedalaman hutan pulaunya. Sangat senyap namun tidak benar-benar sepi. Apalagi masyarakat sekitar juga ada yang mengatakan pulau ini memang sarangnya hal-hal gaib.

Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuna
Nah, dari deretan gunung yang ada di Jawa Timur yang paling kental sekali dengan nuansa angker adalah Gunung Arjuna. Keangkeran ini sudah terbukti terutama di kalangan para hiker yang sudah bolak-balik ke tempat ini. Pernyataan tersebut juga makin dikuatkan oleh cerita-cerita penduduk sekitar. (keepo.me/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.