oleh

Hati-hati! Ini 5 Makanan Sehat yang Bikin Kentut Anda Bau

PortalMadura.Com – Nutrisi dari sayur dan buah sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, seseorang perlu mengonsumsi banyak buah dan sayur agar tubuh tetap sehat dan fresh.

Tapi tahukah Anda, bahwa selain bisa membuat tubuh menjadi sehat ternyata kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur dan buah seperti oligosakarida, serat larut dan gula alami dapat menyebabkan gas berlebih di usus. Akibatnya, perut menjadi kembung, kram, dan aroma kentut yang dikeluarkan jadi berbau.

Ingin tahu apa saja buah dan sayur yang bikin kentut bau?. Berikut uraiannya:

Wortel
Wortel merupakan sayuran yang memberi Anda cukup banyak suntikan vitamin dan mineral. Secangkir wortel mentah mengandung sekitar 12 gram karbohidrat dan 4 gram serat. Karena wortel tinggi akan serat, maka mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak akan menyebabkan pembentukan gas akibat reaksi bakteri usus untuk mencerna serat wortel.

Sayuran cruciferous
Contoh sayuran cruciferous seperti kale, kol, atau brokoli mengandung vitamin C dan serat yang sangat baik. Sayuran ini juga mengandung gula kompleks seperti rafinose yang membuatnya sulit dicerna untuk mereka yang memiliki perut sensitif. Akibatnya konsumsi berlebihan sayuran cruciferous tidak hanya menyebabkan perut kembung namun juga menghasilkan kentut yang berbau busuk.

Apel
Apel adalah buah yang populer dengan kandungan zat antioksidan. Apel pun sarat akan fruktosa atau gula buah yang apabila tidak tercerna dengan baik, akan memproduksi gas metana dan hidrogen yang membuat perut kembung, kram, diare, bau mulut, hingga kentut dengan aroma yang tidak enak.

Blackberries
Blackberries kaya akan zat antioksidan dan poliol, zat yang mirip dengan gula buah. Poliol termasuk lama untuk dicerna dan diserap usus halus. Poliol yang tersiksa akan menarik air ke dalam usus besar dan usus kecil yang kemudian difermentasi oleh bakteri usus dan menyebabkan produksi gas berlebih.

Mangga
Mangga mengandung lebih banyak fruktosa daripada glukosa. Fruktosa sendiri lebih sulit untuk diserap tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan dan berakhir membuat perut kembung dan akhirnya memproduksi kentut yang bau.

Meskipun terbilang sehat, sayur dan buah tetap harus dikonsumsi secara seimbang agar tidak membahayakan kesehatan pencernaan Anda termasuk memproduksi kentut yang bau. (merdeka.com/Desy)


Komentar