Hati-hati, Ini 5 Sikap yang Tanpa Anda Sadari Bisa Sakiti Hati Anak

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini 5 Sikap yang Tanpa Anda Sadari Bisa Sakiti Hati Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua merupakan panutan dan teladan bagi anak-anaknya. Berbagai sikap yang ada pada orang tua biasanya akan diturunkan pada buah hatinya. Kasih sayang dan cinta yang diberikan mereka tentunya ada harapan dibalik semua itu.

Sebagian orang tua mengharap agar anaknya tumbuh sesuai yang diinginkannya tanpa harus melakukan pelanggaran. Menjadi sebuah kegagalan besar apabila anak yang disayanginya melakukan kesalahan yang tidak diharapkan.

Baca Juga

Namun, hal itu seringkali membuat orang tua tanpa sadar melakukan hal-hal yang justru -anak. Karena orang tua hanya berpikir dari sudut pandang mereka sebagai orang dewasa yang jauh lebih berpengalaman ketimbang anak-anak mereka.

Mau tahu apa saja hal-hal yang dilakukan orang tua dan tanpa sadar menyakiti hati anak-anak mereka?. Berikut ulasannya agar Anda para orang tua tidak lagi melakukan kesalahan serupa:

Tidak Menepati Janji
Banyak orang tua memberikan janji pada anak-anak mereka. Terlebih jika anak-anak sedang rewel atau tantrum menginginkan sesuatu. Maka dengan segala upaya orang tua akan meredakan tantrum si anak, terlebih jika berada di tempat umum.

Misalnya saja orang tua menjanjikan membelikannya mainan atau jajan kesukaannya, agar si anak diam dan nurut. Alhasil setelah si anak nurut dan tidak tantrum lagi, orang tua malah melupakannya.

Kadang hal sepele itu tidak disadari oleh orang tua sehingga membuat si anak merasa tidak dihargai, dan kekecewaan itu bisa membuat anak berpikir bahwa orang tuanya suka berbohong. Parahnya, jurus pereda ini tidak akan mempan lagi saat si anak rewel.

Jadi, sebaiknya untuk meredakan tantrum atau kerewelan anak ini, orang tua harus bisa memberikan pemahaman yang jelas agar si anak benar-benar mengerti bahwa ia memang tidak boleh seperti itu.

Kurang Memberi Perhatian dan Waktu Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.