oleh

Hati-hati! Ini 7 Bahaya Daun Singkong yang Bisa Bunuh Anda Secara Perlahan

PortalMadura.Com – Salah satu jenis sayuran yang mudah ditemui di sekitar rumah yaitu daun singkong. Sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan banyak manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, daun singkong mengandung serat tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit. Protein yang terkandung di dalamnya pun mampu meningkatkan kecerdasan anak-anak. Akan tetapi, apabila sayuran ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan berbagai macam keluhan penyakit yang dapat mengganggu aktifitas sehari hari, bahkan bisa mematikan.

Berikut tujuh bahaya daun singkong jika dikonsumsi berlebihan:

Mengakibatkan Keracunan
Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi dijaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah-muntah.

Sakit Perut
Mengonsumsi terlalu banyak daun singkong dapat membuat asam lambung, dinding lambung mendapat tekanan dan luka karena senyawa yang ada pada daun singkong bersifat sianida yang mampu mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual-mual dan disertai muntah.

Sakit Kepala
Senyawa linamarin dan lotaustralin yang ada pada daun singkong dapat bertindak sebagai racun yang menghambat kelancaran perdaran darah disekitar kepala dan memicu ketegangan otot saraf kepala sehingga menimbulkan sakit kepala yang terkadang datang secara berkesinambungan.

Gangguan Sesak Nafas
Senyawa sianida yang ada pada daun singkong berpotensi menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yaang dapat menyebabkan sesak nafas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

Meningkatkan Kadar Kolesterol

Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi didalam darahnya sebaiknya menghindari mengonsumsi daun singkong. Karena dapat meningkatkan kadar kolesterol yang nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

Meningkatkan Asam Urat

Daun singkong tidak cocok bagi penderita asam urat apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Karena didalamnya mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat dipersendian dan menimbulkan rasa nyeri serta peradangan.

Meningkatkan Tekanan Darah

Seseorang yang menderita darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengonsumsi daun singkong. Akan tetapi dalam takaran yang moderat (wajar) dan disarankan tidak ditambahkan santan dalam pengolahannya. Lemak pada santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: halosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE