Hati-hati! Ini 8 Bahaya Eksfoliasi yang Perlu Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati! Ini 8 Bahaya Eksfoliasi yang Perlu Anda Tahu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu ritual kecantikan yang penting dan harus dilakukan yaitu . Mengapa perlu dilakukan?. Karena, penggunaan make up dan berbagai kotoran yang menempel di setiap hari sehingga menyebabkan kulit terlihat kusam.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi secara teratur agar kulit terlihat segar. Namun meskipun penting faktanya, eksfoliasi juga bisa menjadi berbahaya jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Saat Anda melakukan eksfoliasi sebaiknya menghindari beberapa hal berikut:

Tidak Rutin Melakukan Eksfoliasi
Tujuan utama eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati yang menumpuk setiap hari. Inilah mengapa eksfoliasi bisa merangsang produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit dan membuatnya tetap terlihat sempurna.

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi
Jika kulit Anda mengalami kemerahan atau terasa menyengat setelah melakukan eksfoliasi, ini berarti Anda melakukannya terlalu sering, kembalilah pada jadwal dua minggu sekali. Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menghilangkan kelembapan dan menyebabkan dehidrasi.

Peradangan yang kronis dan berkepanjangan dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dan peningkatan hiperpigmentasi. Ketahuilah kondisi kulit Anda sendiri, sehingga kebutuhan dapat tercukupi dengan baik.

Anda Tidak Mengganti Produk yang Digunakan
Apa yang seharusnya bekerja sangat baik untuk kulit Anda di musim panas mungkin tidak akan memberikan hasil yang sama di musim dingin. Kulit terus berubah, begitu juga dengan rutinitas eksfoliasi yang Anda lakukan.

Jika Anda mendapati kulit wajah yang terlihat kusam, beralihlah ke produk yang lebih kuat. Namun, jika kulit terlihat bersisik, merah, atau mengalami sengatan seperti terbakar, beralihlah pada produk yang sedikit lebih lembut.

Melakukan Eksfoliasi Saat Kulit Berjerawat
Jika kulit wajah Anda rentan terhadap jerawat, hentikan melakukan eksfoliasi dengan scrub. Sebagai gantinya, gunakan kain yang bersih untuk eksfoliasi dan cuci secara teratur.

Tidak Melakukan Eksfoliasi di Sekitar Mata
Jika Anda terbiasa mendengar nasihat untuk menghindari daerah sekitar mata, sebenarnya ada keuntungan untuk melakukan eksfoliasi di daerah tersebut. Eksfoliasi di daerah sekitar mata akan mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

Anda Tidak Menggunakan Peel
Ada perbedaan antara scrub dan peel, walaupun keduanya sama-sama berfungsi untuk eksfoliasi. Eksfoliasi dengan asam dan enzimatik atau biasa disebut peel dapat menghilangkan kulit mati serta kotoran seperti scrub, tanpa tekstur yang abrasif.

Selain itu, peel dapat mencapai lapisan kulit yang lebih dalam dan tetap terasa lembut untuk kulit Anda yang terlalu sensitif. Gunakan peel dan scrub beberapa kali dalam sebulan untuk menjaga kulit wajah tetap bersih.

Terlalu Banyak Menggunakan Sikat Pembersih
Sikat pembersih tentu akan membantu Anda, namun sebaiknya jangan menggunakannya setiap hari. Gunakan sekali dalam seminggu atau tiga kali dalam seminggu maksimal, karena berlebihan dapat menyebabkan kulit meradang, kemerahan, dan mengalami penuaan dini.

Anda Tidak Melembapkan Setelah Eksfoliasi
Setiap selesai melakukan eksfoliasi, sangat penting untuk melembapkan kulit wajah. Selamat mencoba eksfoliasi dengan cara yang lebih baik. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.