Hati-Hati, Ini Pandangan Islam Tentang Berfoya-foya Pakai Uang THR

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-Hati, Ini Pandangan Islam Tentang Berfoya-foya Pakai Uang THR
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendekati hari raya, biasaya para karayawan mendapatkan Tunjangan Hari Raya () dari perusahaan mereka bekerja. Hal tersebut merupakan hal yang dinanti-nanti karena biasanya uang tersebut mereka gunakan untuk belanja kebutuhan hari raya seperti membeli pakaian baru dan semacamnya. Sehingga tidak heran, THR cepat habis untuk membiayai berbagai keperluan yang sebenarnya sama sekali tidak penting. Dapat dilihat, masih banyak orang yang gemar berfoya-foya dan kurang bijaksana dalam mengatur keuangan.

Menghabisakan dana THR seperti sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Padahal, dana THR semestinya dikelola dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, masih banyak orang yang gemar berfoya-foya menghabiskan uang THR untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Perlu Anda ingat bahwa berfoya-foya merupakan hal yang tidak disukai Allah.

Allah berfirman, “apakah kalian berpikir bahwa kalian kami ciptakan untuk berfoya-foya begitu saja? Lalu kalian tidak kembali kepada kami. Kalian tidak ditanya apa yang dilakukan di dunia?” (QS. Al-Mu'minun ayat 115)

Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri dalam video ceramahnya di Youtube mengatakan, ayat di atas semestinya direnungkan oleh manusia sebelum berfoya-foya.

“Ayat di atas semestinya menjadi renungan. Dalam hadis Nabi Muhammad bersabda, setiap manusia akan ditanyai tentang lima hal saat hari kiamat datang. Yakni umur, khususnya tentang masa muda. Bagaimana dia habiskan masa mudanya. Apakah rajin mengaji atau berfoya-foya? Selanjutnya ditanya tentang hartanya, dari mana didapat dan ke mana dihabiskan,” terang Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri.

Berfoya-foya artinya menghabiskan uang untuk tujuan bersenang-senang belaka. Hal ini sama sekali tidak disukai oleh Allah.

Dalam surat At Takasur ayat 1-2 yang artinya, “bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Sampai kamu masuk dalam kubur.”

Berapapun besarnya penghasilan, gaya hidup yang berlebihan akan menjerumuskan seseorang dalam kemiskinan. Maka dari itu, mulai sekarang aturlah keuangan dengan baik dan hindari gaya hidup berlebihan.

Tak usah khawatir bagaimana caranya. Berikut sedikit tips bagaimana mengatur dana THR yang baik.

1. Anda harus membuat anggaran lengkap dengan skala prioritas.

2. Pakai uang THR untuk membeli barang yang penting dan sisanya ditabung.

3. Dana THR itu bisa dimanfaatkan untuk membayar utang atau memenuhi kebutuhan lain di masa depan.

Demikian penjelasan mengenai pandangan islam tentang berfoya-foya dengan menggunakan dana THR. Semoga Bermanfaat (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.