Hati-hati! Inilah Bahaya Hedonisme dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati! Inilah Bahaya Hedonisme dalam Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti memiliki keinginan terhadap sesuatu. Tak jarang itu menjadi sesuatu yang diharapkan dan tidak memiliki batas dalam pemenuhannya. Siapa yang tidak bahagia bila keinginannya tercapai? Tentu sebagian besar orang akan merasakan hal yang sama bila ia dapat mencapai sesuatu yang ia inginkan. Tidak hanya itu, ia akan merasakan kepuasaan tersendiri dan pada ummnya ingin sesuatu yang lebih dan tak ada batasnya.

Bila hal tersebut terjadi, maka berhati-hatilah karena bisa jadi Anda akan terjerumus pada sifat . Hedonisme merupakan sifat yang diwujudkan dalam bentuk gaya hidup dan menjadikan kenikmatan dan kebahagiaan menjadi tujuan utama.

Perlu diperhatikan bahwa sifat inilah yang akan menyebabkan beberapa penyakit hati lainnya. Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh sifat hedonisme.

Pertama, hedonisme akan mengundang sifat shopaholic. Dalam hal ini erat kaitannya dengan menghabiskan banyak uang untuk memenuhan hawa nafsu belanja yang tidak terkendali.

Kedua, hedonisme memunculkan sifat narsisme. Narsisme yaitu mencintai diri sendiri secara berlebihan. Hal ini juga akan menimbulkan penyakit hati yang lainnya seperti sombong.

Ketiga, hedonisme dapat menipiskan rasa malu. Lama kelamaan rasa malu yang mengendalikan kita dari berbagai keburukan dalam bersikap.

Keempat, orang yang memiliki sifat hedonisme juga akan menghilangkan kepekaannya terhadap sosial. Sehingga ia tak peduli apa yang dirasakan oleh orang lain.

Banyak keburukan yang timbul akibat keinginan yang tak dapat terkendali. Seperti halnya, satu titik api akan menghanguskan ribuan lading yang kering. Sebagimana sabda Rasulullah SAW:

“Tidaklah dua ekor serigala lapar yang dilepas pada kerumunan hewan ternak lebih merusak daripada agama seseorang akibat bernafsukan ia terhadap harta dan kehormatan,” (HR Tirmizi).

Demikian mengenai yang perlu Anda waspadai. memiliki keinginan itu wajar tapi jangan sampai berlebihan sampai Anda rela melakukan apa saja demi mencapai keinginan itu. Bagaimanapun suatu yang berlebihan itu tidaklah baik dan tentu saja hal itu dibenci oleh Allah. Bijaklah dalam memilih dan memutuskan sesuatu. Semoga informasi di atas bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.