oleh

Hati-hati, Kenali 6 Ciri Anak yang Berpotensi Jadi Pembuli

PortalMadura.Com – Tidak hanya seorang guru di sekolah yang perlu mewaspadai agar muridnya tidak menjadi seorang pembuli. Tapi orang tua juga berperan sangat penting di rumah dalam menjaga sikap anak.

Saat seorang anak sudah tidak peduli lagi pada lingkungannya, maka Anda harus memberikan mereka pengertian dan arahan agar tidak menjadi seorang pembuli. Sebelum itu, Anda perlu mengenali beberapa tanda anak yang berpotensi membuli sehingga dengan cepat Anda melakukan pencegahan.

Berikut ini enam tanda anak yang berpotensi membuli temannya:

Tidak Memiliki Empati
Ada teman yang menangis, terluka, atau mengalami kesulitan, tetapi ia tidak peduli dan tidak mau ambil pusing. Tidak tergerak hatinya sedikit pun untuk menolong.

Orang tua bisa mengajarkan anak sejak dini untuk membantu orang lain, misalnya mengambilkan minum untuk kakaknya yang baru pulang sekolah, bagi sang kakak bisa membuatkan adik susu ketika haus. Ajarkan perhatian sesama saudara, teman, tetangga, sehingga anak menjadi peka dan mampu berempati atas kebutuhan orang lain.

Agresif
Anak suka marah-marah ketika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya?. Bukan hanya ngambek, tapi juga melampiaskan kemarahannya dengan membanting barang, memukul, atau tindakan kekerasan lainnya?.

Jangan dibiarkan, sejak awal beritahu ia bahwa itu bukanlah perbuatan baik, jikalau perlu siapkan sasak tinju di rumah, sehingga jika anak merasa perlu pelampiasan, ia tidak akan melampiaskannya pada barang-barang atau rumah. Arahkan untuk melampiaskannya ke barang yang aman dipukul seperti sasak tinju.

Jika sedari awal Anda bisa mengarahkan anak-anak yang punya kecenderungan agresif, semoga ia mengerti agar tidak melampiaskan agresivitasnya untuk menyakiti orang lain.

Sering Bicara Negatif


Tirto.ID
Loading...

Komentar