oleh

Hati-hati, Kenali 6 Ciri Anak yang Berpotensi Jadi Pembuli

Sering Bicara Negatif
Bicara kotor, jorok, vulgar, kasar, atau membicarakan keburukan temannya dengan nada kasar, jangan sampai orang tua biarkan saja hingga menjadi kebiasaan anak.

Beritahukan ajaran Islam yang mengajarkan kesopanan dan larangan berkata buruk. Buat kesepakatan bersama anak, kata-kata apa saja yang tidak boleh diucapkan dan kata-kata apa yang bisa diucapkan sebagai gantinya.

Misalnya, kata sial atau brengsek tidak boleh diucapkan, sebagai gantinya bisa mengucapkan kata sebel atau rese’ untuk mengungkapkan kekesalan. Atau contoh kata lainnya yang disepakati bersama dan tidak terkesan kasar.

Biasanya Berkelompok
Anak suka berkelompok dan teman-teman kelompoknya terlihat ‘liar’?. Waspadailah, karena biasanya anak yang suka membuli memang hobinya berkelompok atau dalam sebuah genk.

Ajarkan anak untuk berteman dengan siapa saja, dan mencari teman-teman dekat dari kalangan yang baik akhlaknya.

Sering Terpapar Adegan Kekerasan
Wahai orang tua, coba lihat tayangan apa saja yang dilihat oleh anak-anak Anda, dan game apa saja yang terinstal di handphone nya. Anak-anak baik pun bisa menjadi pembuli kalau terlalu sering melihat adegan kekerasan dalam permainan yang dimainkannya.

Jangan lupa, film kartun saat ini pun banyak sekali menyelipkan adegan kekerasan seperti pukulan, tendangan, jambakan, tembakan, yang tentu saja memerlukan bimbingan orang tua agar anak paham bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan di dunia nyata.

Ingin Mendominasi
Anak yang berpotensi membuli biasanya selalu ingin mendominasi, ia akan memaksa orang sekitarnya mengikuti kemauannya, dia hobi mengatur orang lain dan menyuruh-nyuruh.

Hati-hati, jangan-jangan kesukaan anak mendominasi karena mencontoh kelakuan Anda sebagai orang tuanya yang hobinya menyuruh-nyuruh anak.

Itulah beberapa tanda anak yang berpotensi membuli, semoga Anda bisa mengarahkan anak-anak agar menjadi sosok pribadi salih dan saliha yang jauh dari sikap menyakiti orang lain. (ummi-online.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar