oleh

Hati-hati, Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Secara Berlebihan Bisa Rusak Ginjal

PortalMadura.Com – Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makanan dan minuman. Dapat dipastikan tanpa mengonsumsinya tak akan bertahan hidup. Seseorang tentu butuh asupan makanan dan minuman untuk menambah energi. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman juga baik untuk kinerja organ tubuh. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yng dapat merusak salah satu organ tubuh apabila dikonsumsi secara berlebih yakni ginjal. Penasaran makanan dan minuman apa saja? Yuk simak penjelasannya.

Soft Drink
Karena kandungan pemanis buatannya, softdrink, yang juga memiliki pengawet, dapat menurunkan fungsi ginjal jika dikonsumsi terus menerus. Jika pemanis buatan dikonsumsi terus menerus, maka akan membuat kinjerja ginjal melemah dan dapat membuat endapan kristal pada ginjal.

Daging dan Ikan
Kandungan purin yang ada dalam daging dan ikan bisa membuat tekanan khusus pada ginjal karena tidak dapat membuang sisa penyaringan dengan baik. Meskipun ada banyak manfaat dari daging dan ikan, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya terlalalu banyak.

Ikan Tuna
Ikan tuna, yang memakan ikan yang lebih kecil, membuat kandungan merkuri dalam daging ikan tuna juga berlipat ganda. Merkuri merupakan logam berat alamiah yang banyak berada di perairan laut. Jadi, bila Anda memakan ikan tuna setiap hari, maka kandungan merkuri yang disaring akan bertumpuk dalam ginjal dan membuat ginjal And bermasalah.

Teh Hitam
Zat kimia dalam teh hitam yang bernama oksalat, dapat membuat penyakit gagal ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak. Hal ini dikarenakan zat kimia tersebut dapat membuat ginjal terluka dan tersumbat.

Mengandung Kandungan Garam Tinggi
Jika garam yang mengalir dalam darah terlalu banyak, maka ginjal sebagai penyaring darah akan mengalirkannya ke seluruh tubuh, yang bisa membuat tubuh Anda akan mengalami Hypernatremia atau kadar garam terlalu tinggi. Hal itu terjadi karena garam memiliki kandungan Natrium tinggi dan jika kelamaan akan membuat pembentukan batu ginjal.

Anda tidak harus benar-benar menghindari makanan dan minuman yang sudah dijelaskan, karena setiap makanan dan minuman memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Intinya, kamu jangan sampai berlebihan mengonsumsinya. Karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Semoga Bermanfaat (gadis.co.id/Nanik)



Komentar