Hati-hati, Pamekasan Berpotensi Bencana

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Pamekasan Berpotensi Bencana
dok. Ist. net. BPBD-Pamekasan

PortalMadura.Com, – Pada musim penghujan tahun 2017, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur rawan terjadi bencana, mulai bencana longsor, banjir dan bencana angin puting beliung.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Budi Cahyono menyampaikan, potensi bencana itu sebenarnya tidak hanya di Pamekasan, tetapi di semua wilayah dengan potensi jenis bencana berbeda.

“Setiap daerah itu memiliki potensi bencana berbeda, termasuk Pamekasan. Tetapi kita kan tidak tahu kapan bencana itu terjadi, untuk itu kita selalu siaga, personel kita selalu siap, walaupun kita berada di rumah,” ungkapnya, Jumat (24/11/2017).

Menurutnya, potensi tanah longsor diprediksi terjadi di wilayah pantura lantaran daerah tersebut merupakan perbukitan. Seperti Kecamatan Pakong, Kadur, Pegantenan dan Kecamatan Waru. Sementara potensi bencana banjir terjadi di wilayah perkotaan.

“Kalau angin puting beliung itu kita tidak bisa memetakan, karena sifatnya angin itu mengikuti siklus udara. Kalau angin ini tidak bisa diprediksi di mana dan di mananya. Kita tidak berharap begitu, tapi kita harus waspada,” tandasnya.

Berdasarkan analisa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi bencana yang harus diwaspadai adalah bulan Desember dan bulan Januari 2018. Tetapi, prediksi itu belum tentu terjadi, hanya perlu kewaspadaan saja. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.