oleh

Hati-hati Produk Ilegal, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Makanan dan Minuman

Portalmadura.Com – Saat melihat produk makanan dan minuman dengan harga yang murah, apalagi diskon yang ditawarkan cukup menggiurkan, biasanya menjadi incaran banyak orang. Memburunya sebanyak mungkin tanpa memerhatikan tingkat keamanannya sudah lumrah terjadi di kalangan masyarakat.

Wahai konsumen yang cerdas, sudah bukan saatnya Anda bersikap demikan sampai sekarang. Karena sebagaimana yang diketahui, saat ini banyak produk pangan, khususnya produk kemasan yang ilegal tanpa ada izin dari BPOM atau PIRT dari Dinas Kesehatan.

Nah, jika ingin kesehatan Anda tetap terjamin maka sebagai konsumen Anda harus lebih hati-hati dan cerdas dalam membeli produk. Karena itu, supaya Anda tidak terkecoh saat berbelanja di pasaran, ada lima tips yang bisa diterapkan. Simak ulasannya berikut ini:

Cermati Labelnya
Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Adhi Lukman mengatakan, hal pertama yang harus dicermati konsumen saat berbelanja produk makanan dan minuman kemasan yakni harus bisa baca label.

“Di produk kemasan akan ditulis izin edar dari BPOM, tanggal kedaluwarsa dan tanggal produksi, komposisi, dan lain sebagainya,” ujar Adhi.

Kalau salah satu tidak tertera, sebaiknya jangan beli produknya. Apalagi kalau merek pangannya tidak dikenal sebelumnya.

Cek Komposisi
Di label pasti tertera komposisi dari makanan dan minuman kemasan yang dijual di pasaran. Cek komposisinya agar Anda merasa aman. Apalagi dalam produk pangan kemasan ini terdapat beberapa komposisi yang mengandung alergen.

Seseorang yang alergi terhadap bahan tertentu sebaiknya jangan membeli. Tapi sayang, konsumen sangat jarang memerhatikan hal ini dan asal membeli saja.

Mereknya Harus Legal
Banyak merek ilegal, terutama produk impor masuk ke Indonesia. Anda harus menghindari supaya tetap aman dikonsumsi. Jangan beli produk makanan dan minuman yang tidak punya izin edar dari BPOM. Sebab, keamanan pangannya tidak terjamin dan sulit dideteksi bila ada pengaduan kerugian dari masyarakat.

Hindari Makanan dengan Pengawet Berbahaya
Banyak pengusaha kecil yang memproduksi makanan dengan menggunakan pengawet berbahaya. Dampaknya tentu merugikan kesehatan. Banyak sekali makanan yang dicampur dengan formalin, pewarna berbahaya yang biasa digunakan untuk tekstil, boraks, dan sebagainya. Harga makanan dengan campuran pengawet itu memang murah, tapi dampak bagi kesehatan sangat berbahaya.

Jangan Terkecoh Harga
Setiap berbelanja produk makanan dan minuman jangan terkecoh dengan harga. Produk pangan yang dijual murah belum tentu aman dikonsumsi. Maka Adhi mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terkecoh dengan produk pangan yang dijual.

“Pasti makanan yang dijual harga wajar, bahannya dan rupa sudah tentu aman. Sementara kalau harganya murah, seperti di kaki lima tidak terjamin,” pungkas Adhi. (okezone.com/Putri)


Komentar