oleh

Hati-hati! Ternyata 5 Makanan Ini Lebih ‘Jahat’ dari Kentang Goreng Jika Salah Masak

PortalMadura.Com – Mengonsumsi kentang goreng dalam jumlah banyak menurut para ahli bisa meningkatkan risiko terserang penyakit, seperti diabetes bahkan serangan jantung. Sebab itu, penyuka kentang goreng dianjurkan untuk mengonsumsi 6 potong per porsi.

Bukan cuma kalorinya yang jadi perhatian. Kandungan lemak jahat dalam minyak untuk menggoreng kentang juga berbahaya bagi sistem kardiovaskular. Demikian juga dengan garam natrium (sodium) yang ditambahkan, bisa mengentalkan darah sehingga meningkatkan risiko hipertensi.

Namun siapa sangka, ternyata berbagai makanan lain juga lebih jahat dari kentang goreng jika salah cara memasaknya. Apa saja?.

Berikut daftarnya:

Salad dengan Saus yang Salah
Salad biasanya menjadi alternatif mereka yang sedang menjalani program diet atau sedang merencanakan pola hidup sehat. Salad yang sehat tentu disesuaikan dengan pilihan toping dan saus yang Anda pilih.

Menurut sebuah penelitian, salad yang biasa disajikan di restoran mengandung 358 kalori, 26 gram lemak, 7,5 gram lemak jenuh dan 942 mg sodium. Meski lebih rendah kalori dibandingkan kentang goreng, salad memiliki lebih banyak lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Untuk menjaga agar salad tetap sehat, hindari saus yang berlemak seperti saus keju atau saus ala Italia. Bisa juga dengan memisahkan saus dan salad sehingga hanya dikonsumsi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Sup dengan Garam Berlebih
Ketika musim hujan tiba, pilihan makanan untuk menghangatkan tubuh jatuh pada sup. Tapi siapa sangka, beberapa jenis sup mengandung kandungan yang buruk bagi tubuh. Semangkuk sup ayam dengan kentang mengandung kurang lebih 487 kalori, 33 gram lemak, 18 gram lemak jenuh dan 1.270 mg sodium yang setara dengan segelas milkshake.

Tentu saja, tidak semua sup ‘jahat’ bagi tubuh. Ada baiknya untuk mengonsumsi sup kacang-kacangan atau sayuran hijau dibanding krim sup atau sup brokoli dengan keju.

Kentang yang Dipanggang
Nyatanya, kentang yang dipanggang juga sama buruknya dengan kentang goreng. Sebab, sebagian besar restoran menyajikan kentang panggang dengan krim, keju, mentega dan daging yang berisi kalori sangat banyak.

Rata-rata kentang panggang yang disajikan mengangdung 432 kalori, 21 gram lemak, 9 gram lemak jenuh dan 615 mg sodium per porsinya.

Makaroni dan Keju
Makaroni dan keju atau mac and cheese terdengar lebih sehat daripada kentang goreng. Namun, ternyata makanan ini mengandung lebih banyak susu yang ternyata sama jahatnya dengan kentang goreng.

Satu porsi mac and cheese mengandung 436 kalori, 24 gram lemak, 12 gram lemak jenuh, dan 1.082 mg sodium. Meski mengandung 18 gram protein sebagai nilai tambahan, baiknya memilih makanan lain seperti dada ayam yang memiliki nilai gizi lebih banyak.

Onion Rings
Pengganti kentang goreng biasanya onion rings atau bawang bombai yang dibaluri dengan tepung terigu yang digoreng. Satu porsi onion rings ukuran sedang mengandung 400 kalori, 22 gram lemak, 8 gram lemak jenuh, dan 762 mg sodium. Satu porsi onion rings yang tidak mengenyangkan ini setara dengan berjalan kaki sejauh 6,5 kilometer. (detik.com/Salimah)


Komentar