5 Manfaat Menakjubkan Bunga Sepatu untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Menakjubkan Bunga Sepatu untuk Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan dalam pengobatan herbal Ayurveda, yaitu . Bunga ini kaya akan kandungan Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino. Dipercaya, kedua bahan ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, kandungan vitamin C dan emollient dalam bunga sepatu sama ampuhnya dengan botox. Bahkan, nutrisi dalam bunga sepatu dapat melembapkan kulit sekaligus mengurangi kelebihan minyak di pori-pori kulit. Untuk itu, Anda mau coba memanfaatkan bunga sepatu yang ada di halaman rumah Anda untuk perawatan kecantikan alami?.

Berikut lima untuk kecantikan:

Masker Rambut
Nutrisi dari kelopak bunga sepatu yang dijadikan masker dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan karenanya dapat mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, efek anti penuaan dini pada bunga sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan kembali rambut yang mulai beruban.

Untuk merawat rambut dengan bunga sepatu, Anda tinggal membuat masker rambut dan conditioner dari kelopak dan daun bunga sepatu. Campurkan kelopak bunga sepatu dan beberapa lembar daun bunga sepatu yang sudah dihaluskan dengan sedikit air. Gunakan untuk masker di kulit kepala. Jika ingin membuat conditioner dari bunga sepatu, Anda tinggal mengganti air dalam resep masker tadi dengan minyak kelapa.

Mewarnai Rambut
Bahan-bahan untuk membuat pewarna rambut dengan warna merah gelap adalah segenggam kelopak bunga sepatu merah dan segenggam kelopak mawar merah. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan ke rambut seperti ramuan-ramuan sebelumnya. Untuk campuran pewarna ini, semakin lama Anda mendiamkannya sebelum dibilas, akan semakin maksimal hasilnya.

Ulangi proses tersebut 2 sampai 3 kali seminggu agar warna merah yang didapatkan lebih bagus. Tidak hanya memberikan warna merah yang alami, campuran ini juga bisa memberikan kilau yang cantik pada rambut.

Mencegah Jerawat
Karena mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin C yang cukup tinggi, bunga sepatu bisa dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah jerawat. Untuk mendapatkan efek anti-jerawat dari bunga sepatu, Anda bisa membuat minyak bunga sepatu dengan resep di bawah ini:

Bahan-bahan:

5 kuntum bunga sepatu merah
5 lembar daun bunga sepatu
230 ml minyak zaitun/canola

Cara membuat:

Tumbuk bunga dan daun sepatu sebentar (tidak perlu sampai halus). Kemudian, masukan ke dalam panci. Tambahkan minyak dan aduk rata. Lalu, panaskan di atas api kecil sampai panas.
Angkat panci dari kompor. Biarkan campuran minyak sedikit dingin, kemudian saring.

Selanjutnya, oleskan minyak ini pada kulit yang berjerawat secara teratur. Gunakan bola kapas atau cotton bud untuk aplikasi topikal.

Mencegah Penuaan Dini
Minyak bunga sepatu yang sudah Anda siapkan ini bisa dimanfaatkan pula untuk perawatan anti penuaan. Sebab, emollient dan vitamin C di dalamnya berperan untuk menjaga keremajaan sel-sel kulit.

Caranya, oleskan sedikit minyak bunga sepatu pada wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan pemijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah sekaligus membantu peresapan minyak ke dalam pori-pori kulit.

Mengangkat Sel Kulit Mati
Bunga sepatu ternyata juga mengandung Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa memanfaatkan bunga ini untuk scrub tubuh.

Ambil segenggam bunga sepatu merah atau putih. Tumbuk sebentar (jangan sampai terlalu halus), kemudian gunakan untuk scrub. Gosokan ke kulit dalam gerakan melingkar. Setelah itu, bilas tubuh hingga bersih. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.