Hebat! 4 Kabupaten Bergandengan Tangan, Visit Madura Siap Digulirkan

Avatar of PortalMadura.Com
Hebat! 4 Kabupaten Bergandengan Tangan, Visit Madura Siap Digulirkan
Screenshot satelit peta Madura

PortalMadura.Com, – Empat kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan, Jawa Timur telah menggagas ‘'. Gagasan itu, tertuang dalam sebuah kesepakatan bersama yang ditanda tangani oleh 4 pemerintahan di Madura.

Sedangkan Kabupaten Sumenep yang sudah siap menggulirkan 42 even pada Visit Sumenep 2018 dijadikan rujukan kalender even tiga kabupaten lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan, Ahmad Sjaifuddin mengatakan, slogan Visit Madura sempat diusulkan oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim, namun tertunda karena tiga kabupaten lainnya belum siap.

“Akhirnya secara resmi disetujui oleh Badan Perwakilan Wilayah (Bapperwil) IV Madura sebagai inisiator, pada pertengahan Januari kemarin,” katanya, Rabu (24/1/2018).

Dijelaskan, Kabupaten Sampang dipilih menjadi Sekretariat Bersama (Sekber) yang diketuai oleh Sekdakab Sampang. “Periode sekbernya dua tahun. Dan secara bergantian ditiap kabupaten. Selanjutnya Sumenep, Pamekasan, dan Bangkalan,” urainya.

Baca: Sumenep Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan, 42 Even Siap Digulirkan

Ada dua poin penting yang dihasilkan dalam kesepakatan tersebut, yakni paket wisata dan pembentukan kalender even se-Madura.

“Untuk kalender even ini, tiga kabupaten lainya harus mengikuti Sumenep yang telah memiliki kalender even sepanjang tahun 2018. Untuk Pamekasan, Sampang dan Bangkalan baru akan mulai April mendatang,” katanya.

Ia menuturkan, paket wisata yang dimaksudkan dalam kerjasama tersebut, yakni perumusan lokasi wisata yang akan dikunjungi oleh wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

“Jadi, prinsipnya, jualan sektor wisatanya tidak boleh sama. Jika, di Sampang atau Bangkalan sudah ada sektor wisata pantai, maka di Pamekasan harus menonjolkan yang berbeda,” pungkasnya.(Hasibuddin/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.