Hemat Baterai HP Android dan iPhone Saat Perjalanan Mudik dengan 7 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
6 Cara Cerdas Pilih Charger Smartphone
Ilustrasi (Liputan6.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mudik ke kampung halaman menjadi saat yang paling membahagiakan bagi seseorang yang merantau. Biasanya butuh waktu yang lama dalam perjalanan. Ada banyak kebutuhan saat mudik, salah satunya yaitu handphone. Selama perjalanan mudik, HP punya berbagai peran yang cukup penting. Seperti sebagai sarana navigasi, hiburan, dan tentunya komunikasi. Karena itulah cukup penting untuk menjaga agar HP tetap bisa beroperasi selama perjalanan mudik.

Oleh karena itu, lakukan beberapa cara ini untuk menghemat baterai HP saat perjalanan mudik ke kampung halaman. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Aktifkan Mode Hemat Daya

Ini adalah cara paling mudah untuk menjaga agar konsumsi daya baterai tidak berlebihan. Setiap HP punya berbagai pengaturan berbeda, dari yang sekadar aktif – tidak aktif, sampai yang punya berbagai mode, seperti medium sampai optimum. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Matikan Aplikasi Tak penting

Aplikasi di HP tetap aktif di latar belakang walaupun sudah dikeluarkan. Untuk membatasinya, masuk ke Settings, kemudian Apps, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian pilih Battery dan tekan opsi Restrict in the Background.

Baca Juga:  30 Bingkai Twibbon Idul Adha 2022, untuk Sosial Media

Aktifkan Airplane Mode saat HP Tak Digunakan

Berada di perjalanan dengan kecepatan relatif tinggi (mobil, kereta, atau lainnya) membuat HP bekerja keras untuk mencari sinyal dari BTS satu ke BTS lainnya. Jadi, saat ponsel sedang tidak digunakan, ada baiknya nyalakan saja airplane mode.

Bisa juga memanfaatkan perangkat lain (jika punya) untuk mengakses internet, misalnya MiFi atau bisa juga HP lain yang tak dipakai. Dengan begitu, HP utama konsumsi dayanya akan lebih sedikit karena hanya menggunakan WiFi.

Pakai Wallpaper Hitam

Ini khusus ponsel dengan layar AMOLED. Ya, layar AMOLED akan benar-benar mematikan pixelnya saat menampilkan warna hitam (hitam, ya, bukan abu-abu atau warna gelap lain). Jadi, semakin banyak bagian layar yang berwarna hitam, maka akan semakin irit pula konsumsi dayanya.

Matikan Notifikasi dan Auto Sync

Cara mematikan auto sync untuk Android adalah masuk ke Settings – Accounts lalu matikan opsi Auto sync data. Lalu cara termudah untuk mematikan notifikasi adalah mengaktifkan mode Do Not Disturb.

Baca Juga:  30 Aplikasi Twibbon Idul Adha 2022, Tinggal Pakai

Kurangi Waktu Penguncian Layar

Untuk anda yang terbiasa menggunakan penguncian layar otomatis dengan durasi agak lama (misal 2 menit ke atas), mungkin akan lebih baik untuk menurunkan pengaturannya menjadi, misalnya 15 detik, saat mudik. Tujuannya tentu untuk mengirit konsumsi daya, karena layar akan lebih cepat mati saat sedang tak dipakai.

Matikan Getaran

Untuk membuat smartphone kalian bergetar ketika mendapat notifikasi ternyata membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Hal ini karena perangkat kalian harus menggerakkan motor khusus untuk membuat smartphone bergetar. Jadi sangat disarankan untuk menonaktifkan getaran jika ingin menghemat baterai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.