oleh

Hiii… Serem, Ini 9 Tempat Angker di Jogja

PortalMadura.Com – Selain terkenal sebagai kota pelajar, Jogja juga merupakan salah satu kota yang masih kental dengan adat istiadat keraton. Oleh karena itu, kota ini ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing.

Kota gudeg ini tidak hanya mempunyai tempat-tempat indah untuk dikunjungi. Namun ada beberapa tempat yang menyimpan kisah-kisah mistis bahkan yang terkenal angker.

Di beberapa tempat tersebut dipercaya masyarakat dihuni oleh makhluk tidak kasat mata yang kadang mengganggu warga sekitar.

Penasaran tempat mana saja yang paling angker di Jogja?. Berikut penjelasannya:

Bundaran Teknik di UGM
UGM merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang berada di kota Jogjakarta, tapi siapa sangka kisah horor juga bisa ditemukan di universitas yang terletak di tengah pusat kota Jogjakarta ini.

Cerita ini sudah sangat terkenal dikalangan mahasiswa yang pernah menuntut ilmu di universitas tersebut. Cerita yang beredar dari mulut ke mulut ini berisi tentang larangan menyanyikan lagu gugur bunga di sekitar bundaran teknik di UGM

Konon katanya, jika nekat menyanyikan lagu tersebut, apa lagi tengah malam, maka bakal ada arwah para pejuang yang ikut bernyanyi bersamamu. Biasanya kehadirannya ditandai dengan bau kemenyan dan kembang setaman. Hiii

Ambarukmo Plaza
Tempat angker di Jogja selanjutnya yaitu Ambarukmo Plaza, adalah salah satu mall mewah yang ada di kota Jogja. Walaupun begitu ternyata mall mewah ini menyimpan kisah horor yang cukup menyeramkan.

Katanya, mall yang terletak di pusat kota Jogja ini berdiri diatas tanah milik keraton Jogjakarta, dimana dulunya tempat ini merupakan pesanggrahan peninggalan Sultan Hamengkubuwono VII yang terdapat kebun buah, kandang kuda, dan kolam suci.

Saat mall ini mulai di bangun sudah tercium kejanggalan seperti rumput yang tidak bisa dipotong, pekerja yang kesurupan, mesin alat berat yang mendadak mati, dan baru bisa di hidupkan kembali setelah diberi bunga tujuh rupa dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini kejanggalan masih sering terjadi dan dirasakan di tempat ini, seperti penampakan makhluk tak kasat mata di toilet, bahkan beredar mitos yang mengatakan bahwa cleaning service yang mendapat piket terakhir akan ditemani seorang pengunjung, tapi setelah ditunggu, pengunjung tersebut tidak pernah keluar dari dalam toilet.

Bioskop XXI
Dulunya, bioskop ini adalah bangunan dua lantai, dimana dilantai pertama untuk swalayan Hero, dan lantai kedua untuk bioskop Empire 21 yang memiliki 8 studio, sedangkan bangunan disebelahnya juga bioskop yang bernama Regent.

Pada tahun 1999, bangunan ini mengalami kebakaran, walaupun tidak menimbulkan korban jiwa. Kemudian beberapa bulan setelahnya, bioskop Regent yang memiliki empat studio mengalami kebakaran dan memakan korban sebanyak 15 orang. 10 tahun kemudian, barulah didirikan bioskop XXI yang dikenal sekarang.

Ada mitos yang beredar kalau kita menonton dengan jumlah cuma 4 orang saja, maka kita akan memasuki ruang teater yang seakan-akan penuh, bahkan kursi kita pun ada yang menduduki. Tapi setelah dikomfirmasi ke pihak petugas maka diketahui tidak yang menonton selain kita berempat.

Kenapa angka 4? Katanya karena bioskop Regent yang terbakar habis memiliki 4 studio, dan beredar juga katanya ada 4 jasad dari korban kebakaran tersebut yang sampai saat ini belum ditemukan. Hiii merinding.

Benteng Vredeburg
Tempat angker di Jogja yang ketiga adalah sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang merupakan sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari Jogja maupun dari luar Jogja.

Di tempat ini ada sebuah cerita yang cukup menyeramkan yaitu saat diadakan pameran lukisan Festival Kesenian Yogya saat dini hari, secara tiba-tiba ada satu kompi pasukan Belanda masuk ke tempat ini yang membuat penjaga tempat ini langsung kabur.

Selain itu, beredar juga kalau di tempat ini ada hantu wanita noni Belanda bertubuh setengah kuda yang sering menampakan dan menganggu penduduk sekitar Benteng Vredeburg.

Rumah Kentang Kota Baru
Rumah kuno ini berada di seberang SMA Stella Duce I di Kotabaru. Sekarang salah satu tempat angker di Jogja ini sudah menjadi tempat kantor Bank BTN.

Dulunya, tempat ini terkenal angker sebab sepi dan tidak berpenghuni, selain itu bau dan aroma kentang sering tercium di sekitar tempat ini. Dipercaya bahwa aroma kentang itu adalah tanda kedatangan Genderuwo.

Selain itu, lonceng kecil yang berada di pintu pagar rumah sering berbunyi dengan sendirinya. Hiii seram.

 

Jembatan Perikanan di UGM
Tempat angker lainnya selain bundaran teknik di UGM yaitu jembatan perikanan. Jembatan yang menghubungkan gedung laboratorium diagnostik fakultas Kedokteran dengan fakultas perikanan ini memang dikenal angker.

Konon katanya, di tempat ini ada hantu wanita “mbak Rohana” yang seringkali memperlihatkan wujud. Biasanya, hantu wanita ini akan menerjunkan dirinya dari atas jembatan yang pasti membuat kaget siapa saja yang melihatnya.

Sejauh ini belum diketahui secara jelas asal usul hantu mbak Rohana ini, tapi cerita hantu wanita ini sudah menjadi cerita urban legend yang cukup terkenal dikalangan orang Jogja sana, terutama buat mereka yang pernah menuntut ilmu di universitas ini.

Kandang Menjangan atau Panggung Krapya
Tempat angker di Jogja yang satu ini berada di selatan Plengkung Gading. Dulunya Panggung Krapyak atau sering juga disebut Kandang Menjangan adalah hutan, dimana dihutan ini merupakan tempat favorit keraban keraton berburu.

Pada tahun 1613, ada salah satu kerabat keraton yang meninggal diserunduk oleh kijang (menjangan) ditempat ini. Kemudian untuk memperingati kepergiaannya maka dibangunlah sebuah benteng yang berfungsi untuk berlindung dari hewan buruan yang bernama kandang Menjangan.

Kini, tempat ini semakin terlihat lebih angker, sebab dilihat dari bentuknya saja sangat tertutup, dimana ada teralis besi di pintu dan jendela yang tidak bisa membuat orang masuk ke dalam. Untuk memasuki tempat ini harus menghubungi juru kunci dulu.

Cerita seram yang terkenal di tempat angker ini yaitu ada seorang mahasiswa yang berkendara malam hari sebab tidak bisa tidur, saat melewati sekitar Kandang Menjangan dia menyoroti sesuatu yang ganjil dari kejauh dengan lampu motornya.

Kemudian, setelah agak lebih dekat, ternyata yang dia soroti adalah seorang wanita berbaju putih yang sedang berdiri terbalik dengan rambutnya yang terurai ke bawah. Hiii seram kan?

Jalanan Ringroad Barat
Jalanan ringroad saat malam hari memang terkenal sepi, terlebih lagi di ringroad barat yang sangat jauh dari lampu perkotaan sebab memang lebih banyak persawahan di tempat ini.

Cerita yang beredar di tempat ini juga tidak kalah seram dengan tempat angker di Jogja lainnya, yaitu ada seorang mahasiswa yang sedang berkendara di malam hari sendirian. Saat asik berkendara, tiba-tiba ada sesuatu yang janggal.

Dia melihat gulungan rambut yang terhampat di jalanan, kemudian setelah dilihat lebih dekat ternyata gulungan rambut panjang tersebut adalah milik seseorang yang sedang berjongkok di dekat bahu jalanan tersebut.

Anehnya, saat motornya melewati orang tersebut, orang tersebut langsung menghilang dan tidak terlihat lagi dari kaca spionnya.

Jalan dari Pantai Wonosari ke Jogja
Satu lagi tempat angker di Jogja yaitu jalan dari pantai Wonosari ke Jogja. Konon katanya, bila naik motor sendirian di saat malam hari di jalan ini, maka akan ada makhluk tidak kasat mata yang iseng ikut boncengan pada motor kita.

Pertama, motor tiba-tiba terasa lebih berat dari sebelumnya, padahal tidak ada siapa-siapa dibelakang Anda setalah dilihat dari kaca spion, selanjutnya ada bau seperti kemenyan, dan yang terakhir ada seseorang yang berbisik dari arah belakangmu “saya numpang sampai Jogja ya”.

Nah, itulah beberapa tempat angker di Jogja. Jadi bagaimana? masih berani untuk pergi ke tempat-tempat angker ini?. (wowasiknya.com/Desy)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.