oleh

Hilangkan Bekas Luka Dengan Cara Alami

PortalMadura.Com – Bagi kaum hawa penampilan merupakan satu hal yang sangat penting terutama kebersihan dan kesehatan kulit.

Namun, terkadang aktifitas sehari-hari menyebabkan kulit luka dan meninggalkan bekas yang sangat menjengkelkan. Bahkan, sulit dihilangkan seperti bekas luka bakar, jatuh, tergores, operasi, kecelakaan, gigitan serangga dan lain-lain.

Nah buat kaum hawa jangan khawatir dan cemas dengan bekas luka yang tak kunjung hilang di kulit. Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan cara alami, aman dan murah meriah ;

1. Jus Mengkudu
Senyawa scopoletin yang terdapat pada buah mengkudu berkhasiat sebagai anti radang pada luka bakar. Untuk menghilangkan bekas luka bakar dapat menggunakan buah ini, caranya dengan mengoles jus mengkudu pada bekas luka secara merata dengan menggunakan handuk atau katembat. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal lakukanlah secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Lidah Buaya
Cuci bersih daun lidah buaya lalu kupas hingga tersisa gelnya. Oleskanlah gel tersebut pada bekas luka dan tunggu hingga mengering. Setelah mengering bilas dengan air bersih. Khasiat dari lidah buaya yaitu untuk mencegah pembentukan luka permanen khususnya luka bakar ringan.

3. Bawang Putih
Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih memiliki efek anti proliferasi yang dapat menekan pertumbuhan kolagen dan menghambat terjadinya pemekaran jaringan. Dengan mengoles getah bawang putih pada bekas luka maka akan menekan perkembangan koloid, sehingga tidak membesar dan bekas luka akan hilang.

4. Jus Lemon
Lemon merupakan buah yang memiliki manfaat sebagai pemutih alami untuk kulit dan membantu menyamarkan bekas luka. Caranya cukup mengoleskan air lemon pada bekas luka dan tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Pilihlah salah satu opsi di atas lalu lakukanlah secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum mengoleskan bahan-bahan tersebut, bersihkanlah terlebih dahulu bekas luka karena dengan kondisi kulit yang bersih dapat membantu zat-zat yang terdapat pada bahan-bahan tersebut bekerja secara maksimal dan cepat.(pehek/ayu)


Tirto.ID
Loading...

Komentar