oleh

Hilangkan Milia Pada Wajah Dengan 6 Bahan Alami Ini

PortalMadura.Com – Milia merupakan bintik-bintik kecil pada wajah Anda yang berwarna putih. Biasanya milia ini muncul di area hidung, pipi dan dagu bahkan bisa muncul di tempat lain. Milia ini biasa terjadi pada bayi namun juga bisa dialami oleh orang dewasa. Terkadang orang menganggap milia ini sebagai jerawat, namun sebenarnya jerawat dengan milia sangat berbeda.

Adanya masalah kulit ini akan membuat Anda kurang percaya diri. Ada cara alami untuk menghilangkan milia di kulit wajah Anda, dilansir dari laman Liputan6.com, Senin (29/6/2020).

Selamat Ibadah Puasa

Gunakan Madu

Madu memiliki banyak manafaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan anti-oksidan pada madu dapat mempertahankan kelembapan pada kulit wajah Anda. Selain itu, madu juga mengandung asam amino dan vitamin yang bersifat antibakteri serta anti-inflamasi. Sehingga ini juga dapat mencegah munculnya milia karena menumpuknya sel-sel kulit mati.

Bukan cuma milia yang akan hilang, namun menggunakan madu juga dapat membuat kulit lebih lembut dan mengurangi munculnya jerawat. Cara mengaplikasikan madu ini sangat mudah, cukup mengoleskan madu pada seluruh wajah Anda. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan setiap hari sebelum Anda tidur.

Lemon

Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada lemon dapat mengatasi milia. Selain itu juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah Anda.

Cara menggunakan lemon ini, campurkan air lemon dengan sedikit garam lalu aduk hingga rata. Selanjutnya oleskan pada seluruh wajah Anda dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur.

Jika Anda memiliki bubuk baking soda dan kayu manis, maka bisa mencampurkan bahan ini pada air lemon, kurang lebih sebanyak 1 sedok makan lalu aduk dengan air perasan lemon hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah Anda sampai mengering lalu bersihkan dengan air hangat. Cukup gunakan ini dua kali dalam seminggu. Namun tidak disarankan menggunakan lemon pada wajah yang sensitif, agar tidak terjadi iritasi.

Kentang

Kandungan anti-oksidan pada kentang dapat membantu mengontrol produksi sebum berlebihan dan mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda.

Gunakan kentang untuk merawat kulit wajah Anda yang terkena milia, caranya kupas dan cuci kentang hingga bersih, lalu simpan dalam lemari es selama sehari. Setalah itu, parut kentang sampai halus dan oleskan parutan kentang ini ke wajah Anda. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air. Anda bisa menggunakan kentang ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gula Pasir

Eksfoliator alami yang bisa Anda gunakan yaitu dengan gula pasir. Ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah Anda dan dapat mencegah pori-pori kulit tersumbat karena kotoran dan minyak yang menumpuk.

Agar mendapatan hasil yang lebih baik, Anda bisa mencampurkan gula ini dengan lemon dan minyak zaitun. Takaran untuk mencampurkan bahan ini yaitu, jika dua sendok makan gula makan campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun. Lalu gosok dengan lembut pada wajah Anda dan diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air bersih dan Anda bisa menggunakan scrub alami ini dua kali dalam seminggu.

Telur

Telur banyak digunakan untuk merawat kulit wajah, karena dipercaya dapat membuat wajah lebih cerah dam lembut. Bahkan telur ini dapat menghilangkan milia pada wajah. Ini dikarenakan telur memiliki kandungan senyawa retinol, reitinol ester dan juga vitamin A.

Ambil putih telur pisahkan dengan kuningnya. Lalu campurkan dengan setengah sendok teh minyak almond, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan yougurt. Aduk hingga menjadi masker wajah lalu aplikasikan pada wajah Anda. Diamkan kurang lebih 30 menit lalu gunakan air hangat untuk membilasnya. Jika digunakan secara rutin selama tiga kali dalam seminggu maka milia bisa hilang secara perlahan.

Air Mawar

Air demineral banyak mengandung minyak mawar yang dapat menjadi anti-inflamasi sehingga dapat menyegarkan kulit wajah Anda. Air mawar juga dapat menghilangkan milia pada wajah secara alami. Caranya semprotkan air mawar pada wajah Anda dua kali dalam sehari. Saat Anda menyemprotkan air mawar ini jangan sampai terkena mata.

Walaupun Anda menggunakan bahan alami respon tubuh setiap orang berbeda. Sebaiknya konsultasikan pada dokter spesialis kecantikan agar Anda mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com

Komentar