Hindari 5 Kebiasan Ini Bisa untuk Mencegah Keriput pada Wajah

Avatar of PortalMadura.com
Hindari 5 Kebiasan Ini Bisa untuk Mencegah Keriput pada Wajah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tak peduli usianya berapa, terutama para wanita ingin terlihat awet muda. Banyak wanita yang menjalani perawatan kulit, bahkan menggunakan produk kecantikan demi meremajakan kulit.

Kulit yang sehat dan tetap kencang meski usia sudah tak muda lagi, selain itu kulit tidak keriput, kendur, serta bebas dari noda-noda akibat penuaan adalah salah satu kunci agar tetap terlihat awet muda.

Seperti yang dilansir fimela.com dikutip dari shape.com, tapi itu saja belum cukup. Menjaga keremajaan kulit harus dimulai sejak dini untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Nah, berikut ini ada 5 kebiasaan yang harus Anda hindari untuk mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan dini.

Pilih Makanan yang Tepat
Anda akan membuat kesalahan pada kulitmu, jika makanan yang Anda konsumsi mengandung minyak sayur, mentega, daging merah, gula, roti non-gandum, makanan olahan, dan sejenisnya. Makanan ini akan meradang di dalam tubuh, sehingga mempercepat pembentukan kerutan.

Untuk mengurangi penuaan dini, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan asam alfa-linolenat (ALA) seperti biji rami, minyak biji rami, alpukat, salmon, dan minyak zaitun. Makanan-makanan ini akan membantu kulit mempertahankan tampilan yang lembut dan kenyal.

Baca Juga : Bisnis Lancung Solar Bersubsidi ‘Ngalir’ ke Pegaraman 1 Sumenep

Perbanyak buah dan sayur yang masih fresh, karena buah-buahan dan sayuran yang masih fresh mengandung banyak zinc, selenium, vitamin c, dan beta karoten. Kandungan ini menjadi kunci utama produksi kolagen dalam tubuh yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Mengabaikan Kulit Sekitar Mata
Kebiasaan baik untuk dimulai sejak dini, “Kulit yang paling tipis ada di sekitar mata dan memiliki beberapa kelenjar minyak”, ujar Debra dilansir fimela.com dari shape.com. Anda bisa mencegah penuaan dengan memilih produk daily eye cream yang mengandung peptida.

Kandungan peptida akan bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen serta mencegah timbulnya garis-garis halus. Penting diingat bahwa kandungan yang menyebabkan kerutan, garis-garis halus, serta kantung mata adalah kafein dan asam nikotinat.

Perhatikan Langkah yang Tepat saat Merias Wajah
Bukan hanya mempercantik tampilan, merias wajah juga membantu menyamarkan noda-noda di wajah dan tanda-tanda penuaan. Tapi, kesalahan saat merias wajah juga bisa menyebabkan timbulnya kerutan serta membuatmu tampak beberapa tingkat lebih tua.

Misalnya, penggunaan foundation yang terlalu tebal dan bedak yang berlebihan akan mengendap pada kerutan yang ada di sekitar mata dan sekitar bibir, hal ini dapat menimbulkan garis halus. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan foundation dengan kandungan formula yang lebih ringan atau tinted moisturizer, selain ringan keduanya dapat memberikan kesan berkilau pada wajah.

Sabun dengan Kandungan pH yang Tinggi
Jangan mudah memakai beberapa sabun yang dijual di pasaran mengandung pH yang tinggi, yang mengupas kulit dari asam dan protein alami sehingga menyebabkan kulit mudah meradang hingga dehidrasi.

Gunakan sabun dengan kandungan pH alami yang ringan atau pembersih lainnya (non-soap) yang mengandung pelembab agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Pastikan Anda memilih produk yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berjemur
Saat menikmati suasana matahari di tempat dengan pemandangan yang indah rasanya ini adalah waktu yang pas untuk berjemur atau yang biasa kita kenal dengan istilah sunbathing. Tapi, berjemur merupakan sebuah hal yang tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk pada kulit.

Selain risiko kanker, paparan sinar UV yang berlebihan melemahkan sel-sel kulit serta pembuluh darah. Selain itu kulit juga mudah memar. Penggunan sunscreen atau sunblock ini adalah hal terpenting yang tidak boleh kamu lewatkan, setiap hari. Sebuah studi mengatakan rutin mengaplikasikan sunscreen atau sunblock dapat mengatasi dan mengurangi kerutan, mencegah pertumbuhan kanker kulit, serta menjaga kulit tetap lembut dan elastis.

Jadi, jangan lagi menunda untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kulitmu tetap terlihat muda dan sehat ya, selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.