oleh

Hindari 5 Kesalahan saat Mencuci Pakaian Dalam

PortalMadura.Com – Mencuci pakaian merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan. Mencuci pakaian bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara konvensional dengan tangan atau menggunakan mesin cuci. Meskipun kegiatan ini sering dilakukan, namun masih banyak lho yang melakukan kesalahan selama mencuci pakaian.

Salah satu pakaian yang penuh kehati-hatian saat memperlakukannya adalah pakaian dalam atau lingerie. Jika tidak dilakukan dengan benar saat merawat atau mencucinya, koleksi pakaian dalam yang indah akan hancur dan rusak sebelum waktunya.

Sayangnya, sebagian orang tidak sadar telah melakukan kesalahan saat mencuci pakaian dalam. Mereka menyamakan pakaian dalam dengan jenis pakaian lainnya. Seperti dilansir dream.co.id dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci koleksi pakaian dalam di rumah.

Suhu Air
Lingerie atau pakaian dalam harus selalu dicuci dengan air dingin. Selama ini mungkin salah kaprah dengan mitos yang mengatakan mencuci pakaian dalam dengan air hangat akan membuatnya bersih secara merata.

Sebenarnya, banyak yang lupa bahwa air hangat bisa membuat bahan kain pakaian dalam yang halus dan lembut menjadi cepat mengkerut dan kurang elastis lagi.

Laundry Ball
Bola pencuci pakaian atau laundry ball sering disertakan dalam mesin cuci untuk mendapatkan efek cucian yang lebih bersih. Terkait laundry ball ini, sebaiknya tidak menggunakannya saat mencuci lpakaian dalam. Karena sifatnya yang keras terhadap benda-benda elastis, sebaiknya tidak menggunakannya karena akan mengurangi sifat elastis dari pakaian dalam itu sendiri.

Pentingnya Merendam
Merendam adalah suatu keharusan sebelum mencuci pakaian dalam, meskipun memakan waktu lebih lama. Kotoran yang mengendap di sudut-sudut kecil pakaian hanya bisa diatasi dengan merendamnya dalam air.

Mengancingkan Kait Bra
Ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh sebagian wanita. Jadi, sebelum memasukkan bra ke dalam mesin cuci, sebaiknya mengancingkan kait bra terlebih dahulu.

Baca Juga: Waduh! Kantor KPU Pamekasan Kembali Tergenang Banjir

Jangan biarkan bra terbuka saat berada di dalam mesin cuci. Tujuannya adalah selain menghindari kait bra ‘nyantol’ pada pakaian lainnya, tali bra juga tidak mudah kendor atau lepas karena terjerat pakaian lain.

Hindari Penggunaan Pengering
Sebagian pengering pada mesin cuci mengandalkan panas untuk membuat cucian cepat kering. Nah, sebaiknya tidak menggunakan pengering jenis ini untuk mengeringkan pakaian dalam. Masalahnya, panas dapat menyebabkan kerusakan pada kain lingerie dan membuat elastisitasnya menjadi berkurang.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : dream.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar