oleh

Hindari, Berikut Makanan yang Menjadi Penyebab Ketombe

PortalMadura.Com – Tidak hanya kulit kering, iritasi, akibat produk sampo dan jarang keramas yang menjadi penyebab timbulnya ketombe di kulit kepala. Bahkan makanan yang kita konsumsi juga bisa menyebabkan ketombe. Lebih parah lagi, bukan hanya menimbulkan ketombe, bahkan bisa membuat masalah baru yaitu kerontokan rambut.

Sebaiknya, kita benar-benar menjaga pola makan serta gaya hidup yang tidak baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh kita. Slogan yang tidak asing lagi adalah lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena mencegah itu lebih mudah dari pada harus mengobati dan belum tentu juga bisa cepat sembuh.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Kamis (23/10/2020), berikut ini makanan yang menjadi penyebab timbulnya ketombe:

Makanan Produk Susu

Bila Anda ingin menghindari ketombe muncul di kulit kepala Anda, sementara hindari produk-produk makanan dari susu seperti es krim, keju dan susu murni. Makanan seperti ini mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala dan memicu munculnya ketombe.

Gorengan

Makanan yang digoreng disinyalir menjadi penyebab munculnya ketombe. Makanan ini tak hanya menimbulkan kolesterol, namun bila berlebihan juga bisa merangsang minyak berlebihan di kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala tidak stabil dari lembap ke kering dan sebaliknya.

Makanan Mengandung Gula Tinggi

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi mampu memperparah kondisi kulit kepala Anda yang berketombe. Hindari konsumsi gula berlebihan dalam seminggu. Ganti cemilan manis Anda dengan buah-buahan segar yang manis pohon.

Makanan Pedas

Makanan pedas memiliki potensi yang sama dengan makanan yang digoreng. Makanan seperti ini mampu memicu munculnya ketombe karena merangsang produksi minyak berlebih ke kulit kepala. Akibatnya rambut sering lepek dan gatal, bahkan hingga rambut patah.

Makanan Terlalu Panas

Ada baiknya Anda sedikit bersabar sebelum mengonsumsi makanan. Bila terlalu panas ternyata juga bisa merangsang kondisi tubuh kita dari bagian kepala hingga pencernaan. Suhu tubuh meningkat dan tubuh melakukan penyesuaian yang mempengaruhi kondisi kulit dan rambut.

Selain menjaga kebersihan rambut dan produk perawatan yang kita pilih, penting juga untuk menjaga agar makanan kita tidak memengaruhi kondisi rambut. Anda boleh mengonsumsi makanan di atas dengan kontrol yang seimbang. Namun bila ingin rambut cantik dan sehat, perbanyak konsumsi makanan alami seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : fimela.com

Komentar