Hindari Makanan dan Minuman Haram dengan 5 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Umat Islam sebaiknya hanya mengonsumsi makanan serta minuman yang halal. Karena jika haram, akan membawa hal -hal mudarat masuk ke tubuh. Sehingga hindari atau jauhi makanan dan .

Kategori haram dibagi menjadi dua, yakni haram karena zatnya dan cara mendapatkannya. Oleh karena itu umat Islam harus hati-hati terhadap makanan atau minuman haram. Ada beberapa cara menghindar dari makanan atau minuman haram. Bagaimana caranya?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Pertama: Muslimin harus berusaha mendapatkan makanan dan minuman dengan cara yang halal. Makanan yang halal pun dapat berubah menjadi haram apabila dalam mencarinya dengan acara haram. Misalnya, makanan didapat dengan cara mencuri, merampas, dan lain sebagainya.

Kedua: Carilah label halal. Sebisa mungkin pilih makanan dan minuman yang tercantum label halal di kemasannya. Apabila tidak ditemukan, sebaiknya hindari makanan dan minuman tersebut.

Ketiga: Perhatikan dengan saksama komposisi yang terkandung dalam produk makanan dan minuman. Apakah mengandung babi atau alkohol atau tidak. Jika tidak, maka produk itu halal dikonsumsi.

Jika makanan dan minuman tersebut berasal dari luar negeri, patut diketahui apakah makanan khususnya daging yang telah dimasak itu disembelih sesuai syariat atau tidak.

Keempat: Apabila kesulitan menemukan makanan dan minuman yang halal, atau tidak mau direpotkan dengan mencari daging yang tersertifikasi halal, maka solusinya adalah dengan mencari makanan yang berasal dari tumbuhan dan tidak mengandung alkohol.

Kelima: Carilah penjual makanan dan minuman yang beragama Islam. Setidaknya jika penjualnya orang Islam maka dia bisa menjamin bahwa produknya halal. Meskipun tidak seutuhnya seperti itu. Namun risiko untuk mendapatkan makanan dan minuman yang haram lebih kecil.

Itulah cara menghindari makanan dan minuman yang haram bagi umat Muslim. Semoga umat Islam terhindar dari makanan dan minuman yang haram. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu a'lam bishawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.