oleh

Hindari Minum Teh Secara Berlebihan Saat Buka Puasa, Ini Alasannya

PortalMadura.Com – Minuman Teh banyak sekali diminati masyarakat Indonesia, selain karena rasanya yang nikmat, teh juga merupakan jenis minuman yang harganya cukup terjangkau dan cara membuatnyapun cukup praktis.

Teh memang telah banyak digunakan dalam terapi kesehatan dan dapat di jadikan sebagai jamu serta telah terbukti khasiatnya selama berabad-abad. Apalagi dikuatkan dengan penelitian modern yang menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam teh dapat berperan dalam mengurangi risiko kondisi kronis, seperti kanker, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Namun tahukah Anda, apabila minuman teh ini dikonsumsi secara berlebihan saat berpuasa, ternyata khasiatnyapun akan berubah menjadi bahaya. Sebagaimana dilansir dari Fimela.Com, Rabu (21/4/2021) Berikut efek samping mengomsumsi teh secara berlebihan bagi kesehatan terutama saat puasa:

Mengurangi Penyerapan Zat Besi

Salah satu kandungan teh yang sangat pekat, adalah senyawa tanin. Tanin ini merupakan senyawa yang dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu sehingga menjadikannya sulit diserap selama proses pencernaan. Maka sebaiknya perhatikan dosis dalam mengonsumsi teh setiap harinya, apalagi saat hendak berpuasa dan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh setelah makan berat.

Kualitas Tidur yang Buruk

Meminum teh umumnya akan menimbulkan rasa tenang dan enjoy pada tubuh. Namun sebenarnya teh juga mengandung kafein. Jadi, asupan teh yang berlebihan dapat mengganggu siklus tidurmu. Karena kafein yang ada pada teh akan menghambat produksi melatonin atau hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Mual

Jika Anda mengonsumsui teh secara berlebihan saat perut kosong, maka akan memberikan efek mual pada diri Anda. Hal ini dikarenakan ada senyawa pada teh yang akan menyebabkan demikian. Sifat astringen dari tanin inilah yang dapat mengiritasi jaringan pencernaan, berpotensi menyebabkan gejala tidak nyaman seperti mual dan sakit perut.

Maag

Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mengendurkan sfingter yang memisahkan kerongkongan dari perut, sehingga memungkinkan isi lambung yang asam lebih mudah mengalir ke kerongkongan. Selain itu, meminum teh secara berlebihan dapat menganggu pencernaan, seperti menimbulkan rasa mulas.

Segala sesuatu yang bernilai baik, jika dilakukan dan dikonsumsi secara berlebihan maka akan memberikan dampak yang kurang baik. Maka dari itu, waspadalah dalam mengonsumsi makanan dan minuman, apalagi saat berpuasa. Semoga Bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar