oleh

HMI Sumenep Gelar Aksi Tuntut Saut Situmorang Mundur dari KPK

PortalMadura.Com, Sumenep – Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Himpinan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan aksi unjuk rasa di Taman Bunga (TB) setempat.

Mereka menuntut Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK RI mundur dari jabatannya. Sebab, yang bersangkutan menuai persoalan belakangan ini dengan statemannya di salah satu televisi swasta yang dinilai mendiskreditkan HMI.

Selain berorasi secara bergantian, mereka membawa sejumlah poster yang bertuliskan kecaman terhadap wakil ketua KPK tersebut. Ada empat item yang menjadi penekanan mahasiswa HMI Sumenep, yakni Mengutuk pernyataan kebencian Saut Situmorang terhadap HMI, menuntut Saut Situmorang mundur sebagai pimpinan KPK, usut tuntas pidana pencemaran nama baik HMI, dewan etik KPK harus mengusut tuntas Saut Situmorang, dan DPR RI mengkaji ulang kelayakan Saut sebagai pimpinan KPK.

“Saut Situmorang harus bertanggung jawab atas pernyataannya. Jangan hanya meminta maaf setelah berbuat salah,” kata Saprawi, salah satu orator HMI, Kamis (12/5/2016).

Ia menyampaikan, Saut Situmorang perlu ditinjau ulang dalam posisinya sebagai wakil ketua KPK. Sebab, ia sudah mencemarkan nama baik organisasi HMI.

“Kalau perlu Saut harus mundur dari jabatannya. Karena ia sudah tidak mampu menjadi pimpinan KPK,” tegasnya.

Berikut pernyataan Saut Situmorang dalam kesempatan di acara stasiun televisi swasta yang mengundang reaksi keras di kalangan HMI “mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK I, tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat”.(arifin/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar