Ibu Hamil Bisa Ikut Suntik Vaksin Covid-19 di Sampang

Penulis: RafiEditor: Desy Wulandari
Ibu Hamil Bisa Ikut Suntik Vaksin Covid-19 di Sampang
Suntik vaksin bagi ibu hamil (Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Ibu hamil di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dapat mengikuti program suntik vaksin virus corona (Covid-19).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang, Agus Mulyadi menyampaikan, sudah ada surat edaran untuk suntik vaksin terhadap ibu hamil, tertanggal mulai 2 Agustus 2021.

“Dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dengan prioritas pada daerah risiko tinggi,” ujarnya, Sabtu (25/9/2021).

Pihaknya mengaku, telah bergerak memberikan pemahaman terhadap masyarakat melalui pondok bersalin desa (Polindes) dan pos kesehatan desa (Poskesdes).

Jenis vaksin Covid-19 yang akan diberikan terhadap ibu hamil, yakni vaksin platform mRNA Pfizer, moderna, dan vaksin platform inactivated sinovac.

“Pemberian dosis pertama vaksinasi dimulai pada trimester kedua kehamilan, dan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin,” jelasnya.

Agus akan melaksanakan suntik vaksin Covid-19 untuk ibu hamil, tentu sesuai petunjuk teknis dan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan menggunakan format skrining pada kartu kendali ibu hamil.

Masyarakat umum yang telah menjalani suntik vaksin, tetap diminta agar selalu disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan demi mecegah penularan virus corona di daerah Sampang.

“Tetap menerapkan protokol kesehatan, lindungi diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19 dengan mengikuti suntik vaksin,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.