oleh

IEC Siapkan Pemuda Madura Jadi Pengusaha

PortalMadura.Com, Pamekasan – Indonesian Entrepreneur Club (IEC) menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan dan Pemuda Mandiri 2016 bertampat di Gedung Serba Guna Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (17/1/2016).

Kegiatan yang bertemakan ‘Peran Pemuda Dalam Menyambut Masyarakat Ekonomi Asean’ tersebut juga bekerja sama dengan PT SE Manajement dan #1JM Indonesia dengan pemateri handal trainer dan motivator termuda No. 1 Indonesia, Mr. Syafii Efendi

“Kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan pemuda Madura untuk menyambut MEA yang telah dibuka sejak akhir tahun 2015,” ujar Direktur PT SE Manajement, Ariya Pandu Wicaksana.

Dia menambahkan, para pemuda Madura sangat potensial untuk menjadi pengusaha sukses dilihat dari potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada. Sehingga, kegiatan seminar kewirausahaan tersebut lebih kepada pembentukan mindset kaum muda dalam berbisnis.

“Kami tidak mengajarkan soal-soal teknis, karena kalau mindsetnya benar perlakuannya pasti benar. Kita tahu bahwa Indonesia sekarang masih sangat kekurangan pengusaha untuk menjadi bangsa maju,” jelasnya.

Untuk menjadi bangsa maju, lanjut dia,  minimal harus 2 persen pengusaha, sedangkan di Indonesia masih memiliki 0,4 persen pengusaha. Artinya, para pemuda Madura mempunyai peluang besar  menjadi pengusaha sukses demi kemajuan bangsa dan negara.

“Harapannya, kita bisa bersaing kita tidak menjadi budak di rumah kita sendiri. Bagi anak-muda ini jangan sibuk pacaran atau bermain. Karena, sejak dibuka MEA ini persaingan semakin ketat. Sementara lapangan kerja semakin menyempit. Kalau kita tidak siap, maka kita akan terbuang oleh sistem itu sendiri,” harap dia.

Ratusan peserta seminar nasional yang terdiri dari mahasiswa dari beberapa kampus di Pamekasan tersebut tampak antusias mendengarkan penyampaikan motivator yang masih berumur 24 tahun tersebut. Bahkan, banyak dari mereka mendaftar menjadi anggota IEC demi menata masa depan lebih cerah. (Marzukiy/har)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.