oleh

Ikan Tangkapan Nelayan Sumenep Belum Penuhi Target Kebutuhan Pasar

SUMENEP (PortalMadura) – Ikan hasil tangkapan nelayan di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ternyata masih belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan pasar saat ini.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim mengatakan, estimasi perairan laut Sumenep mampu menghasilkan ikan tangkap 229 ribu ton pertahun. Namun, saat ini, hanya mampu menghasilkan 44 ribu 697 ton pertahun.

“Padahal, kebutuhan pasar itu masih jauh lebih tinggi dibanding dengan ikan hasil tangkapan nelayan saat ini,” terang Busyro,  Sabtu (14/12/2013).

Menurut bupati, jika merujuk pada target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten sumenep, maka minimal tahun 2015 mendatang, hasil ikan tangkap harus mencapai 46 ribu 738 ton pertahun.

Untuk itu, pihaknya mengaku selalu berupaya meningkatkan kawasan perikanan budidaya yang memenuhi prasarana dan sarana sesuai kebutuhan. Saat ini, masih mencakup di 18 kecamatan dan nanti di tahun 2015 sudah harus tercapai di 23 kecamatan.

Dia menjelaskan, jika produksi di bidang kelautan dan perikanan makin baik, maka pendapatan masyarakat nelayan otomatis akan lebih baik. Di tahun 2015 mendatang, ditargetkan pendapatan nelayan bisa mencapai Rp2,850 juta per bulan.

“Kalau saat ini, pendapatan nelayayan rata-rata masih Rp2,150 juta per bulan,” ujarnya.

Target tersebut optimis bakal tercapai seiring dengan telah banyak program-prorgam yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, baik menyangkut pendanaan, infrastruktur dan inovasi kelautan lainnya.

Di tahun 2013 ini, ada program pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir yang diarahkan pada pembinaan teknis dan kelembagaan kelompok usaha garam rakyat, program pengembangan perikanan tangkap, program penyuluhan sistem penyuluhan perikanan.
Selain itu, juga ada program pengembangan kawasan budidaya laut, air payau dan air tawar serta yang tidak kalah penting program pengembangan sarana dan prasarana perikanan.

“Kamis sudah berupaya maksimal. Tinggal masyarakat yang akan memanfaatkan dengan baik dan juga harus selalu berupaya untuk bangkit dari keterpurukan,” tandasnya.(htn).


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE