Ikuti 3 Cara Ini Agar Si Kecil Tak Takut Berenang

Avatar of PortalMadura.com
Ikuti 3 Cara Ini Agar Si Kecil Tak Takut Berenang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir semua akan senang bila liburan diajak berenang ke kolam renang. Selain bisa berdampak pada kesehatan seperti melatih otot dada dan otot kaki, berenang juga bisa merefresh pikiran si kecil.

Namun terkadang, rasa takut tenggelam juga muncul bagi anak yang tidak bisa berenang. Nah, untuk membantu si kecil yang tidak bisa berenang, sebaiknya Bunda mengikuti beberapa cara ini agar anak berani berenang. Hal ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (19/12/2019) dari laman haibunda.com yang dikutip dari What To Expect.

Berikut penjelasannya:

Jangan Mendorongnya

Tidak masalah anak merasa takut, Anda hanya perlu melakukan pendekatan pelan-pelan untuk memudarkan ketakutannya. Ketika anak mengambil pelajaran berenang dan melihat anak-anak lain melompat tanpa ragu, mungkin dia akan merasa malu karena tidak bisa melakukan hal yang sama.

Namun tidak masalah, Bunda hanya perlu meyakinkan bahwa dia bisa, biarkan dia duduk di pinggir kolam sampai ia berani untuk membasahi kakinya, sampai pelan-pelan ia berani turun masuk ke kolam.

Baca Juga: CPNS 2019 Lulus Administrasi, Tes Tunggu Tahun Depan!

Berikan Peralatan yang Tepat

Sayap air, pelampung, dan jaket penyelamat dapat membantu perenang yang ragu merasa nyaman di kolam renang. Pakai alat tersebut beberapa kali bisa menumbuhkan kepercayaan diri anak untuk tidak terlalu takut berada dalam air. Namun ingat, bahwa alat-alat itu kadang malah membuat anak semakin nyaman, tapi tidak benar-benar membuatnya bisa berenang, jadi bimbinglah anak saat berenang menggenakan peralatan tersebut, yang nantinya bisa dia lepas perlahan.

Biarkan Anak Merasa Nyaman

Coba berikan waktu lebih lama saat berendam dalam kolam. Fokuslah untuk membantu anak merasa nyaman dalam air. Ini juga untuk menguji keterampilan dasarnya yang sebelumnya sudah dipraktikan di bak mandi.

Umpan juga dengan kata-kata motivasi yang bisa menguatkan anak seperti: “Kamu sudah berani membasahi wajahmu, artinya kamu juga bisa menjadi perenang hebat nantinya.”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.