Sederet Penyebab Nyeri Otot yang Tak Anda Sadari

Sederet Penyebab Nyeri Otot yang Tak Anda Sadari
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, jika nyeri otot sudah umum dialami oleh kebanyakan orang, baik dari kalangan anak-anak ataupun orang dewasa. Biasanya hal ini dialami pada beberapa bagian tubuh tertentu.

Paling tidak nyaman ketika nyeri tersebut menyerang area kaki dan tangan. Sebab, akan mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya yang melibatkan pekerjaan fisik.

Penyebab yang umum dirasakan oleh seseorang yaitu lantaran kelelahan ataupun olahraga yang terlalu berlebihan. Selain itu, ada juga sejumlah hal lain yang tanpa disadari memicu munculnya nyeri pada otot.

Beberapa hal yang Anda pikir tidak berhubungan ternyata memiliki potensi membuat Anda mengalami masalah nyeri otot. Jadi, Anda perlu mengetahui tanda-tandanya agar kemudian tahu penyelesaiannya. Lalu, apa saja penyebab itu?.

Dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Times of India, berikut sejumlah hal yang mungkin menyebabkan Anda mengalami nyeri otot:

Stres

Tahukah Anda, stres secara berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan mental namun juga pada otot Anda. Mungkin Anda belum tahu sebelumnya. Pasalnya, munculnya hormon stres membuat Anda kesulitan untuk mengatasi masalah ini.

Seseorang yang sering stres mungkin sering merasa lelah dan otot mereka bakal nyeri karena tubuh kesulitan mengatasi peradangan. Ketika Anda menghadapi terlalu banyak stres, maka Anda bakal sering mengalami nyeri otot ini.

Dehidrasi

Sejak dahulu, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi air yang cukup dalam sehari-harinya. Sebab, kurangnya air di dalam tubuh bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk nyeri otot.

Selain menyebabkan nyeri otot, masalah lain yang mungkin Anda alami adalah sakit kepala, kelelahan, serta sejumlah masalah kesehatan lainnya. Jadi, mulai sekarang, rajin-rajinlah konsumsi air.

Kurang Nutrisi

Vitamin dan mineral yang diperoleh oleh tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi tubuh. Kurangnya nutrisi yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya nyeri otot.

Baca Juga : Sering Nyeri Otot Setelah Berolahraga? Redakan dengan 6 Cara Ini

Kemungkinan, rasa sakit atau nyeri yang Anda alami itu disebabkan karena Anda kekurangan nutrisi tersebut. Maka, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang baik bagi tubuh.

Kurang Tidur

Terakhir, penyebab nyeri otot juga bisa dipicu karena kurangnya waktu tidur. Ketika tubuh kurang beristirahat, maka akan timbul rasa lelah yang selanjutnya menyebabkan munculnya nyeri otot.

Selain sejumlah masalah tersebut, sejumlah penyakit seperti anemia, dermatomyositis, fibromyalgia, lupus, dan penyakit lyme bisa menyebabkan nyeri otot.

Namun jika rasa nyeri ini tidak kunjung hilang, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bagaimana, sudah tahu kan sejumlah penyebab nyeri otot yang tidak Anda sadari sebelumnya?. Jaga kesehatan Anda sejak dini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.