Ikuti 5 Langkah Ini untuk Jaga Performa Mobil Anda

Avatar of PortalMadura.com
Ikuti 5 Langkah Ini untuk Jaga Performa Mobil Anda
Ilustrasi (Finansialku)

PortalMadura.Com – Musim liburan panjang seperti saat ini biasanya banyak dimanfaatkan orang tua untuk mengajak anaknya berlibur, entah itu daerah lokal saja atau yang terbilng jauh. Umumnya, mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih menghemat biaya dan membuat perjalanan terasa lebih nyaman.

Sebelum memulai perjalanan atau berangkat ke tempat tujuan, mengecek kendaraan atau mobil sudah menjadi hal yang harus dilakukan agar selama berlibur tidak ada kendala. Sebenarnya tidak hanya berangkatnya saja, saat kembali dari perjalanan liburan pun juga perlu Anda perhatikan.

Tidak perlu pergi ke bengkel, Anda bisa memeriksanya di rumah dengan mudah. Sebagaimana yang dilansir dari laman Liputan6.com, dikutip dari Daihatsu Indonesia, Anda hanya perlu memerhatikan lima komponen berikut ini:

Oli

Hal pertama yang perlu dicek adalah oli pada kendaraan. Karena, komponen ini sangat penting diperiksa. Apalagi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka suhu mesin akan lebih tinggi. Akibatnya, kekentalan oli dan volume-nya berkurang.

Cara mengeceknya yaitu dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak pada mobil. Anda juga perlu memastikan jika tidak terdapat kebocoran.

Kaki-kaki

Saat dalam perjalanan, Anda tentu melewati berbagai medan yang tidak menentu, mulai dari jalan yang bergelombang, tanjakan, turunan, bahkan jalan rusak. Nah, dengan kondisi jalan yang bervariasi tersebut tentu memaksa komponen ini bekerja ekstra saat menopang bodi kendaraan.

Jadi, pastikan memeriksa kondisi shock absorber, lower-arm dan keausan ban beserta tekanan anginnya. Jika terdapat kekurangan dari biasanya, maka segeralah perbaiki.

Rem

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman. Pastikan ketebalan kampas rem dalam keadaan baik. Sebagai pemilik kendaraan, Anda bisa mengganti komponen ini apabila sudah mencapai batas maksimal.

Baca Juga : Komplotan Begal Akses Jembatan Suramadu Ditembak

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran rekomendasi pabrikan agar sistem pengereman kembali normal.

Filter Bahan Bakar

Selama dalam perjalanan, kadang ada saja kendala yang membuat pengendara harus mengambil keputusan tidak tepat. Salah satunya yaitu ketika di SPBU tidak tersedia bahan bakar yang sesuai. Jadi, mau tidak mau pemilik kendaraan terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan.

Oleh sebab itu, pastikan mengecek filter bahan bakar agar tidak berpengaruh atau merembet pada komponen lainnya.

Interior dan Filter AC

Melakukan perjalanan bersama anak atau pun keluarga lainnya, pastinya membawa sejumlah makanan ringan atau perlengkapan lainnya dan semuanya itu tentu akan meninggalkan sisa kotoran. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman setelah selesai melakukan perjalanan.

Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar terhindar dari aroma tidak sedap dan terhindar dari serangga. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC nya juga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.