Ikuti 8 Kebiasaan Sehat Rasulullah dan Rasakan Manfaatnya

Avatar of PortalMadura.Com
Ikuti 8 Kebiasaan Sehat Rasulullah dan Rasakan Manfaatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan keimanan dan ketaatan hambanya. Semua sifat yang ada pada patut dicontoh dan diteladani, karena beliau adalah manusia sempurna pilihan Allah SWT.

Namun tidak hanya sifat yang harus Anda contoh sebagai ummatnya, juga kebiasaan yang dilakukan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak kebiasaan yang dilakukan Rasulullah yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Selalu Bangun Pagi Hari
Rasulullah selalu bangun pagi hari untuk melaksanakan sholat subuh. Bangun pagi membuat orang lebih produktif untuk memulai harinya, selain itu bangun pagi juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Makan Secukupnya
Manusia memang memiliki nafsu makan yang tinggi tapi sebaiknya berpandai-pandailah dalam mengontrol nafsu makan tersebut. Dalam Islam kebutuhan untuk tubuh telah ditentukan 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum dan 1/3 untuk bernafas. Jadi sebaiknya janganlah makan berlebihan karena itu dapat menyebabkan ngantuk dan malas dalam melakukan aktivitas.

Makan Dengan Pelan
Tubuh perlu waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan perut sudah kenyang. Makan dengan pelan akan membantu anda mengurangi makan dengan porsi banyak dan itu lah yang dilakukan oleh Rasulullah semasa hidupnya.

Minum Dua atau Tiga Tenggakkan
Jangan minum air dengan satu tarikan nafas karena hal itu akan membuat paru-paru menyempit dan nafasnya akan berat. Sesuai anjuran Rasulullah sebaiknya minum dengan duat atau tiga tarikan nafas.

Memakan Buah Delima
Salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad adalah delima. Buah delima terbukti memiliki khasiat untuk tubuh karena di dalamnya terkandung mineral yang dapat membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme dan mencegah pembentukan enzim yang dapat menghancurkan jaringan ikat.

Berpuasa
Berpuasa tidak hanya dilakukan Rasulullah selama bulan Ramadhan saja, tetapi Rasulullah juga berpuasa di waktu yang lain, Seperti puasa senin dan kamis, dan puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulannya. Dengan berpuasa tubuh akan menjadi lebih , dan segar serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Memakan Buah Kurma
Setelah berpuasa seharian tubuh akan merasa lapar, dan saat berbuka makanlah buah kurma untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Kurma sangat bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Olahraga
Tidak hanya makan, olahraga juga dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Rasulullah selalu melakukan berbagai jenis olahraga seperti renang, menunggangi kuda dan memanah.

Nah jika kalian ingin hidup sehat kebiasaan diatas bisa anda lakukan mulai dari sekarang. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.