Ilmuan : Ada kaitan antara penyebaran kanker payudara dan makanan

Avatar of PortalMadura.Com
Ilmuan : Ada kaitan antara penyebaran kanker payudara dan makanan
anatomi payudara (foto. twitter)

PortalMadura.Com, – Kebiasaan makan bisa berdampak pada penyebaran beberapa jenis kanker, menurut sebuah penelitian internasional yang dirilis, Rabu.

Ilmuwan yang mempelajari tikus menemukan sebuah zat asam amino di sejumlah yang memainkan peran besar dalam penyebaran ke bagian lain tubuh.

Asam amino dikenal dengan nama asparagine dan ditemukan di sayuran asparagus. Zat kimia itu juga terkandung dalam susu, daging, ayam, telur, ikan, kentang, biji-bijian dan kacang kedelai.

Kebanyakan buah dan sayuran memiliki tingkat asparagine yang rendah, kata para peneliti.

Mempelajari efeknya pada tikus, ilmuwan menemukan bahwa membatasi konsumsi asparagus menurunkan risiko penyebaran kanker. Sel-sel yang digunakan adalah sel kanker payudara triple-negatif, yang tumbuh dan menyebar lebih cepat dibandingkan sel kanker lainnya.

Studi itu dilakukan di 12 pusat penelitian di seluruh dunia. Salah satu ilmuwan yang terlibat, Simon Knott dari rumah sakit Cedars-Sinai di Los Angeles mengatakan studi itu mendukung teori adanya keterkaitan antara kebiasaan makan dan kanker.

“Penelitian ini menambah jumlah bukti yang menunjukkan makanan bisa berdampak pada perkembangan penyakit,” kata Knott.

Peneliti mengatakan mereka akan segera melakukan studi itu menggunakan sel manusia. Bila hasil yang ditemukan mirip dengan ini, mereka percaya mengurangi asparagine bisa menjadi pilihan yang ditawarkan untuk pasien kanker.

Tim ilmuwan juga mengatakan penelitian ini memiliki dampak bukan hanya untuk kanker payudara, namun untuk kanker metastatis lainnya juga.(AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.