India Uji Coba Rudal Balistik Jarak Jauh

Avatar of PortalMadura.Com
India Uji Coba Rudal Balistik Jarak Jauh
Rudal Balistik

PortalMadura.Com, Ankara telah menguji coba Agni-V yang memiliki kapasitas jangkauan 5.000 kilometer.

Menurut media lokal, sebuah rudal yang dapat menjangkau wilayah Tiongkok dan Rusia telah diluncurkan India dari Pulau Abdulkalam.

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mengatakan, India telah berhasil melakukan uji coba rudal balistik Agni-V yang memiliki kapasitas nuklir, namun pers lokal menyampaikan, belum diketahui apakah rudal tersebut telah lolos dari semua tes atau tidak. Dilansir Anadolu, Kamis (18/1/2018).

Jika rudal balistik Agni-V mampu melewati semua tes, maka India akan menjadi negara ke-6 yang memiliki rudal balistik jarak jauh di dunia.

Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Perancis dan Inggris merupakan negara yang memiliki rudal balistik jarak jauh.

Para ahli mengatakan bahwa India memproduksikan rudal jarak pendek seperti Prithvi, Dhanush, Angni-I untuk melawan Pakistan, dan rudal jarak jauh Agni-IV, Agni-V untuk melawan Tiongkok.

Sebelumnya, India sempat berperang dengan Pakistan dan Tiongkok karena sengketa perbatasan. Peperangan antara India dan Tiongkok terjadi pada tahun 1962. Pertempuran singkat terjadi karena perselisihan perbatasan di wilayah Himalaya, setelah gencatan senjata kedua negara kembali ke perbatasan masing-masing sebelum berperang.

Sedangkan perselisihan dengan Pakistan terjadi di wilayah Kashmir.

India dan Pakistan telah melancarkan tiga peperangan, hingga kini sengketa perbatasan di wilayah Kashmir masih berlangsung. (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.