oleh

Indonesia Apresiasi Komitmen AS Tingkatkan Perdagangan dengan ASEAN

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia mengapresiasi komitmen Amerika Serikat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara-negara ASEAN.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan apresiasi itu dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, di sela-sela forum Menteri Luar Negeri ASEAN di Singapura Expo, Jumat.

“Hampir semua Menlu menyampaikan apresiasi tersebut,” ujar Menteri Retno, Jumat malam, kepada wartawan, di Singapura. dilaporkan Anadolu Agency, Sabtu (4/8/2018)

Kepada Pompeo, Retno menyampaikan sejumlah data faktual mengenai ekspor AS ke ASEAN yang meningkat selama 10 tahun terakhir, bahkan menempati posisi empat besar.

Loading...

Selain itu, Retno juga menyampaikan bahwa rata-rata ekspor negara ASEAN ke AS cukup besar, meski baru sekitar lima persen tiap tahunnya.

“Artinya ASEAN memiliki potensi dan kapasitas besar, sehingga hubungan dagang, investasi antara ASEAN dengan AS akan menguntungkan kedua pihak, bukan zero, karena data datangnya ada,” ujar Retno.

Dengan Indonesia, Badan Pusat Statistik mencatat total perdagangan kedua negara sebesar USD25,91 miliar pada 2017. Dari jumlah itu, ekspor Indonesia ke AS mencapai USD17,79 miliar sementara impor USD8,12 miliar.

BPS juga mencatat komoditas ekspor Indonesia ke AS terutama udang, karet alam, ban, alas kaki dan tekstil. Sementara impor komoditas AS ke Indonesia berupa kapas, kedelai, tepung gandum, pakan ternak dan tepung maizena.(AA)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar