Indonesia Kebut Implementasi Bahan Bakar Hijau

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia kebut implementasi bahan bakar hijau
Proses pembuatan biodiesel. (Kementerian ESDM - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Pemerintah serius mengebut implementasi produksi (green fuel) dalam waktu dua hingga tiga Tahun ke depan.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pemerintah menargetkan satu pertiga dari total 45 juta ton produksi Crude Palm Oil (CPO) akan dipergunakan untuk menghasilkan energi hijau.

“Tentu akan dilakukan bertahap. Kita mulai dari dua sampai 3 juta ton terlebih dahulu,” ujar dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis.

Menko Luhut menilai dengan ini akan menekan laju impor minyak bumi secara signifikan. Selain itu, dengan memaksimalkan pemanfaatan CPO untuk bahan bakar, maka harga CPO Indonesia tidak akan bisa diintervensi oleh pihak luar sehingga petani sawit akan lebih sejahtera.

“Presiden maunya petani juga menikmati karena ada sekitar 17,5 juta petani atau 40 persen dari pelaku usaha sawit,” tambah Menko Luhut. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (31/1/2019).

Menurut dia, bahan bakar hijau yang akan diproduksi antara lain greendiesel, biodiesel (B20), dan green avtur.

Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa greendiesel berbeda dengan biodiesel karena 100 persen diproduksi dari CPO sehingga lebih ramah lingkungan.

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina akan mengubah kilang Plaju dan Dumai menjadi pengolahan minyak sawit dalam tiga Tahun ke depan dengan nilai investasi USD600 juta hingga USD800 juta dengan kapasitas produksi keduanya mencapai 280 ribu barel per hari.

Kedua kilang tersebut juga disiapkan untuk bisa menghasilkan gasoline berupa Premium, Pertalite, Pertamax, dan avtur dengan bahan baku 100 persen berasal dari CPO.

Pertamina juga sudah menandatangani kesepakatan kerja sama pengolahan minyak sawit menjadi biodiesel dengan perusahaan minyak asal Italia, Eni S.p.A.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.