oleh

Indonesia Pastikan Tidak Ada Kerusuhan dalam Pemilu 2019

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia memastikan tidak akan ada kerusuhan besar saat Pemilu 2019 mendatang.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mensinyalir adanya pihak yang terus menggulirkan isu adanya kerusuhan menjelang dan setelah penyelenggaraan Pemilu di tengah Masyarakat.

Padahal kata dia, berdasarkan laporan intelijen dan jumlah aparat keamanan saat Pemilu 2019, kerusuhan tersebut tidak akan terjadi.

“Sehingga Masyarakat tidak perlu resah, tidak perlu percaya akan adanya isu ini,” jelas Wiranto di Kemenkopolhukam, Jakarta pada Kamis.

Dia meminta Masyarakat untuk tetap berada di tempat tinggal masing-masing dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu pada 17 April nanti.

Dia pun mengimbau Masyarakat untuk tidak meninggalkan Indonesia karena khawatir adanya kerusuhan tersebut.

“Kami aparat keamanan betul-betul menjamin bahwa keamanan itu akan dapat kita selenggarakan dengan sebaik-baiknya,” tambah dia.

Meski demikian, Wiranto mengakui masih ada kemungkinan terjadinya gesekan antara massa dalam proses jalannya penyelenggaraan Pemilu.

Tetapi TNI dan Polri telah mengerahkan kekuatan cukup besar untuk mencegah hal itu.

“Masih ada kerawanan karena juga masih ada kegiatan yang lain. Rapat tertutup, tatap muka, dan rapat terbatas ini sangat mungkin masih ada pergesekan massa,” tambah dia. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (14/3/2019).

Untuk tahapan kampanye terbuka yang akan diselenggarakan pada 24 Maret hingga 13 April, Pemerintah bersama KPU dan Bawaslu telah melakukan pengaturan kampanye di ruang terbuka itu.

“Sudah diatur dengan baik. sehingga tidak dimungkinkan adanya tabrakan massa yang sedang berkampanye yang mendukung kontestan itu,” tambah dia.

Dia juga meminta seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat dan kontestan yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan KPU dan Bawaslu.

”Agar tahapan berikutnya ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik,” kata Mantan Panglima ABRI itu.

Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency

Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.