Indonesia Targetkan Pembangunan Klinik di Madinah Rampung Tahun Ini

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia targetkan pembangunan klinik di Madinah rampung tahun ini
Jemaah haji Indonesia memperoleh perawatan medis di Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah. (Foto file Kementerian Kesehatan - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Indonesia menargetkan pembangunan (KKHI) di , Arab Saudi, rampung sebelum musim haji Tahun ini.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengatakan nantinya klinik ini akan melayani jemaah haji yang memerlukan penanganan kesehatan rujukan.

“Saya mau melihat langsung kemajuan pembenahan klinik jemaah haji Indonesia di Madinah, agar kita lebih siap infrastrukturnya, mudah-mudahan bisa melayani jemaah dengan lebih baik,” ujar Bambang, dalam siaran pers.

Bambang mengatakan lokasi klinik berlantai lima di Jl Prince Muhammed bin Abdul Aziz Madinah itu sangat strategis, hanya dua kilometer dari Masjid Nabawi.

Klinik ini, lanjut Bambang, hanya berjarak 300 meter dari bangunan lama, lanjut Bambang, pemindahan klinik bertujuan untuk mempermudah akses dan tata ruang.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka mengatakan klinik tipe C ini memiliki kapasitas, peralatan dan perlengkapan yang lebih baik ketimbang fasilitas kesehatan sebelumnya.

“Insya Allah klinik ini akan rampung Mei 2019, kami akan meminta untuk meresmikan,” ujar Eka. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (10/3/2019).

Klinik ini, tutur Eka, dilengkapi dengan ruang perawatan, ICU, ruang emergensi, ruang obat, klinik gigi, poliklinik umum, laboratorium, radiologi, klinik perawatan jiwa, dan fasilitas rujukan.

Dengan daya tampung lebih besar ketimbang bangunan lama, ujar Eka, klinik ini memiliki 246 tempat tidur, baik untuk pasien maupun petugas kesehatan.

Terdapat 12 tempat tidur di ruang emergensi, lanjut Eka, dan tujuh tempat tidur di ruang ICU di lantai dasar.

Sementara ruang bawah tanah, imbuh Eka, akan digunakan untuk rawat inap, dengan kapasitas 24 tempat tidur, empat di antaranya untuk perawatan kesehatan jiwa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.