Indonesia Telah Sumbang Rp18 Miliar Kepada Pengungsi Rohingya

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia Telah Sumbang Rp18 Miliar Kepada Pengungsi Rohingya
Ilustrasi. Para pengungsi Rohingya terlihat di kamp pengungsi Kutupalong di Maynar Guna, dekat Cox’s Bazar, Bangladesh pada 7 April 2018. Warga Rohingya, yang melarikan diri dari penindasan di Myanmar, mencoba bertahan hidup dengan membuat tempat tinggal dari bambu di kamp pengungsi Kutupalong. Kamp di Bangladesh menampung ribuan pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari penindasan militer di Myanmar. (Arif Hüdaverdi Yaman - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Indonesia kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada di Bangladesh.

KBRI Dhaka pada Senin menjelaskan bantuan Indonesia sudah mencapai Rp18 miliar hingga September 2018 yang meliputi pembangunan selter, pengiriman tenaga medis, klinik darurat, bantuan pangan dan pendidikan serta fasilitas ibadah.

“Bantuan disalurkan melalui Indonesian Humanitarian Alliance,” ujar KBRI Dhaka dalam pernyataan tertulisnya. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (10/9/2018).

KBRI Dhaka menyampaikan bantuan senilai Rp18 miliar itu di luar jumlah bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia secara langsung ke Pemerintah Bangladesh berupa 74 ton bahan pangan, pakaian, dan obat-obatan dalam 8 pengiriman.

Angka tersebut juga di luar bantuan-bantuan kemanusiaan yang diberikan langsung masyarakat Indonesia melalui NGO seperti ACT dan PKPU.

Menurut KBRI Dhaka, ACT telah memberikan bantuan 1.000 integrated community shelter untuk pengungsi Rohingya.

“Pasca 1 tahun peringatan tragedi kemanusiaan di Rakhine State???, bantuan kemanusiaan Indonesia masih terus mengalir, utamanya dalam bentuk bantuan pelayanan kesehatan,” ujar KBRI Dhaka..??

Berdasarkan data yang dihimpun oleh UNICEF, dari sekitar 700 ribu jumlah pengungsi Rohingya, 350 ribu di antaranya adalah anak-anak. Bahkan setiap hari sekitar 60 bayi lahir di kamp-kamp pengungsi Rohingya.

Bantuan kemanusiaan dari komunitas Internasional masih sangat dibutuhkan untuk membantu beban dan mengukir masa depan pengungsi Rohingya. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.