Industri Mainan Indonesia Tumbuh 5,7%

Avatar of PortalMadura.com
Industri mainan Indonesia tumbuh 5,7%
Ilustrasi: Mainan anak. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Industri mainan memberikan kontribusi sebesar USD319,93 juta atau naik 5,7 persen dari periode sebelumnya pada total ekspor Nasional.

mengatakan Indonesia sudah masuk dalam jajaran Negara-negara utama produsen mainan anak.

“Pemerintahan akan terus memacu pengembangan industri mainan di dalam Negeri. Apalagi, sektor tersebut tergolong padat karya dan berorientasi ekspor,” ujar Menteri Airlangga di Jakarta, Senin seperti dimuat dalam pernyataan pers.

Menurut dia, pada 2017, nilai investasi industri mainan di Indonesia mencapai Rp 410 miliar dengan jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 23.116 orang.

Contohnya, PT Mattel Indonesia menyerap tenaga kerja sebanyak 10 ribu orang dengan nilai ekspor dalam kurun lima Tahun terakhir rata-rata di atas USD150 juta per Tahun, ujar Menteri Airlangga.

PT Mattel memasok 60 persen boneka Barbie pada pasar global dan merupakan produsen terbesar, mengungguli China.

“Jadi, enam dari 10 boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia,” ujar dia. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (22/4/2019).

Indonesia juga memiliki pabrik mobil mainan dengan kapasitas hingga 50 juta unit per Tahun.

Pabrik mobil mainan “Hot Wheels” ada di Cikarang milik PT Mattel Indonesia. Hot Wheels merupakan mobil mainan diecast atau dibuat dari bahan logam yang dicetak.

Ketua Asosiasi Mainan Anak (AMI) Sutjiadi Lukas memprediksikan industri mainan dalam Negeri pada 2019 bisa tumbuh sebesar 10 persen secara year-on-year (yoy), karena potensinya yang cukup besar di tanah air.

“Dengan angka kelahiran rata-rata 4,5 juta jiwa per Tahun, Indonesia dapat menjadi pasar terbesar se-Asia Tenggara,” terangnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.