Ingin Ajarkan Si Kecil Adab Bertamu? Yuk, Lakukan Hal Ini!

Avatar of PortalMadura.com
anak bertamu
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak sopan santun mulai sejak dini memang perlu dilakukan orangtua. Selain agar si kecil berperilaku baik, juga untuk memudahkan anak dalam bersosialisasi. Salah satunya tentang adab bertamu atau bersilaturahmi.

Ada kalanya, perilaku si kecil di luar prediksi Anda, apalagi saat bertamu yang kadang tingkahnya bikin Anda kewalahan, bahkan bisa bikin malu.

Jika hal ini terjadi, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada anak mengenai adab dalam bertamu. Yuk, disimak berikut ini:

Jelaskan Kepada Anak Makna Silaturahmi
Tujuan utama dari mengajak anak bertamu adalah agar anak mengetahui makna silaturahmi. Bahwa manusia fitrahnya berkelompok, berjamaah dan bersosialisasi, serta tidak bisa hidup sendiri.

Untuk itu, Anda perlu menjelaskan kepada anak dengan cara bercerita, dan tentunya anak akan senang dan tertarik mendengarnya.

Ceritakan Kepada Anak Siapa yang Hendak Dikunjungi
Di rumah, sebelum pergi Anda perlu menceritakan terlebih dahulu pada anak siapa orang yang hendak dikunjungi, apakah sahabat Anda atau saudara sepupu Anda dan lainnya.

Hal ini bisa memberikan deskripsi awal kepada anak tentang siapa yang dikunjungi dan kenapa harus dikunjungi.

Buat Kesepakatan Apa yang Harus dan Jangan Dilakukan saat Bertamu
Hal ini penting sekali disampaikan kepada anak, kalau bisa sejak jauh hari. Islam pun sudah mengatur adab bertamu ini dari dulu. Yaitu, datang di waktu yang tepat kalau bisa mengabarkan kedatangan Anda, berpakaian rapi, serta memberikan isyarat dan salam ketika datang.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

Lalu, minta izin masuk maksimal sebanyak 3 kali, dan dilarang mengintip ke dalam rumah bila belum ada tanda-tanda diizinkan masuk. Kemudian bila sudah diizinkan, maka masuk dan duduk dengan sopan.

Saat dipersilahkan makan dan minum, pastikan anak Anda sudah diajarkan adab makan dan minum. Misalnya, mengambil makanan atau minuman dengan tangan kanan, dan membaca doa sebelum memakannya.

Setelah itu, bila Anda sedang berbicara dengan tuan rumah, anak tidak boleh berbicara. Ketika waktu pulang tiba, ajarkan anak untuk berpamitan dengan tuan rumah. Kemudian, mengucapkan terimakasih dan salam.

Gunakan 4 Kata Dasar Sopan Santun
Adapun empat kata dasar sopan santun, yaitu permisi, maaf, tolong dan terimakasih. Keempat kata dasar sopan santun ini idealnya adalah kata yang digunakan sekeluarga dalam kehidudpan sehari-har. Jadi, ketika bertamu, anak sudah spontan untuk mengucapkannya.

Pastikan anak Anda meminta izin dulu jika ingin bermain dengan anak tuan rumah atau hal lainnya. Misalnya, bilang permisi bila hendak ke kamar mandi, dan ucapkan terima kasih bila tuan rumah memberikan sesuatu kepada anak. Bila terjadi kecelakaan kecil, seperti anak menyenggol gelas dan air tertumpah, anak bisa spontan ucapkan kata maaf.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

Ajak Anak Silaturahmi ke Rumah Temannya
Bila Anda ingin melihat keberhasilan Anda dalam mengajarkan adab bertamu kepada anak, Anda bisa ajak buah hati Anda berlatih silaturahmi ke rumah teman sebaya anak Anda.

Dorong anak untuk mempraktikkan adab bertamu yang sudah diajarkan di rumah. Dalam hal ini, anak bisa diajak untuk mulai obrolan dengan tuan rumah cilik alias temannya sendiri. Seperti menanyakan kabar temannya, kabar orangtua temannya, kabar saudara kandung dari temannya, bahkan apa saja kegiatan yang dilakukan kalau di rumah.

Dengan begitu, momen silaturahmi Anda bersama anak jadi menyenangkan. Jangan lupa, beri anak pujian bila ia berhasil berlaku sopan santun saat bertamu, tentu buah hati Anda akan merasa senang. (ummi-online.com/Nia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.