Ingin Awet Muda? Ini 7 Cara Jaga Kelembapan Kulit

  • Bagikan
Ingin Awet Muda? Ini 7 Cara Jaga Kelembapan Kulit
Ilustrasi (Grid.ID)

PortalMadura.Com – Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang melindungi tubuh dari tekanan, perubahan suhu, hingga gangguan dari luar. Oleh karena itu, kulit perlu dirawat dengan maksimal agar fungsinya bisa bekerja dengan baik. Salah satunya yaitu kelembapan kulit.

Hilangnya kelembapan kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor usia. Seiring bertambahnya usia, fungsi kelenjar minyak alami pada kulit menurun sehingga menghasilkan kadar lipid alami yang lebih rendah.

Jika hal itu terjadi, kulit akan menjadi kering dan masalah-masalah kulit lainnya akan muncul, seperti kulit iritasi, kemerahan, muncul jerawat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Anda bisa merawatnya dengan melakukan beberapa cara ini. Lantas, bagaimana caranya?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelembapan kulit:

Beralih ke Gentle Cleanser

Tahukah Anda, terlalu sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting memperhatikan kandungan di dalam facial wash yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Beberapa menyarankan untuk beralih ke gentle cleanser. Pasalnya, pembersih wajah yang lembut dapat membersihkan sekaligus melembapkan kulit.

Aplikasikan Toner yang Menghidrasi

Toner digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah menggunakan facial wash. Seiring berjalannya waktu, toner memiliki banyak varian dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya toner yang fokus menghidrasi kulit.

Mulai dari toner yang mengandung aloe vera, glycerin, hyaluronic acid, hingga yang membantu menghidrasi kulit dan menenangkan kulit.

Nutrisi Kulit dengan Serum

Serum sangat penting untuk menutrisi kulit Anda hingga lapisan terdalam. Dalam hal ini Anda bisa memilih serum sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Serum diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi yang membantu mengoptimalkan kinerja produk-produk lainnya. Untuk meningkatkan kelembapan kulit, pilihlah serum dengan kandungan hyaluronic acid.

Kandungan ini dapat menahan air di kulit sehingga membantunya tetap kenyal sepanjang hari, meningkatkan fungsi skin barrier, membantu proses regenerasi kulit dan meredakan peradangan, meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Jangan Lewatkan Pelembap

Baik yang memiliki tipe kulit wajah kering, berminyak maupun kombinasi, pelembap merupakan produk yang sangat penting dimasukkan ke dalam rutinitas skincare harian Anda.

Pelembab dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar. Selain itu, menurut ahli kulit kosmetik, dr. Heidi Waldorf, kulit yang dilembabkan dengan baik akan lebih mungkin mengontrol minyak dengan sendirinya.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, cobalah mencari pelembap dengan konsistensi gel karena akan terasa lebih ringan di kulit Anda. Sementara untuk kulit normal hingga kering, pelembab krim dapat membantu menyeimbangkan kulit Anda sepanjang hari.

Memasang Humidifier

Udara dengan kelembapan yang rendah dapat menyebabkan kulit terasa kering. Oleh karena itu, memperbaiki sirkulasi udara agar tetap lembap, terutama dalam cuaca dingin dapat dilakukan dengan memasang humidifier.

Humidifier dapat menambah kelembapan kembali ke udara dan membantu kulit mempertahankan hidrasi.

Penuhi Asupan Air

Begitu sering kita mendengar bagaimana air minum adalah “rahasia” kulit sehat beberapa selebritas. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa memastikan asupan air dalam tubuh cukup dapat membuat kulit lebih terhidrasi, sehingga sehat dan bercahaya.

Oleh karena itu, pastikan setidaknya minum 2 liter atau 8 gelas air mineral setiap hari agar tubuh sehat dan kulit Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Menjaga Pola Tidur

Pergantian sel kulit dan kolagen dan mekanisme perbaikan berada pada puncaknya di malam hari, itulah sebabnya mengapa sangat penting menjaga pola tidur dan melakukan ritual skincare di malam hari.

Menurut penelitian, orang yang mendapatkan tidur berkualitas tinggi memiliki pemulihan penghalang kelembaban 30 persen lebih besar dalam 72 jam daripada orang yang kurang tidur. Usahakan untuk tidur setidaknya 8 hingga 9 jam untuk mendorong proses penyembuhan kulit.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.