Baik untuk Kulit, Ini 7 Manfaat Daun Peterseli

  • Bagikan
Baik untuk Kulit, Ini 7 Manfaat Daun Peterseli
Ilustrasi (sayurOK)

PortalMadura.Com – Salah satu jenis tanaman yang biasanya digunakan sebagai garnish suatu hidangan yaitu parsley atau peterseli. Meskipun terkadang hanya digunakan untuk menghias masakan, ternyata daun paterseli mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh khususnya kulit.

Jika ingin mempunyai kulit yang sehat, glowing dan terhindar dari penuaan dini, Anda bisa mengonsumsi daun peterseli secara rutin. Karena tanaman yang masuk ke dalam keluarga Apiacease ini mempunyai beberapa manfaat baik. Lantas apa saja manfaatnya?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari Dr Health Benefits, berikut ini beberapa manfaat daun peterseli bagi kulit:

Peterseli Bantu Mengurangi Kerutan di Kulit

Kerutan merupakan tanda terjadinya penuaan dini. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel di kulit yang sudah mati tidak langsung digantikan dengan sel-sel baru yang sehat.

Nah, peterseli punya kandungan vitamin C yang bisa bantu mengatasi hal ini. Vitamin C membantu pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat serta memastikan proses regenerasi tersebut tidak terganggu.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan nih mengonsumsi peterseli secara rutin.

Peterseli Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka di Kulit

Pernahkah Anda mengalami luka di bagian kulit dan lama sembuh? Biasa jadi ini karena Anda kekurangan beberapa nutrisi seperti vitamin A dan C.

Vitamin A mengandung beta karoten yang bagus untuk memperbaiki kerusakan kulit, sedangkan vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen kulit. Kedua vitamin ini mampu mempercepat proses penyembuhan luka di kulit, serta mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut akibat luka.

Mengonsumsi peterseli bisa bantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A dan C. Karena menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram peterseli segar mengandung 2.940 mcg vitamin A dan 193 mg vitamin C.

Kandungan Peterseli Bantu Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Beberapa orang mungkin mengalami masalah lingkaran hitam di bawah mata yang sulit dihilangkan. Apakah Anda memiliki masalah yang sama juga?

Jika iya, Anda tidak perlu khawatir ya. Karena mengonsumsi peterseli bisa bantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Tentunya lingkaran hitam tidak serta merta hilang setelah mengonsumsinya namun Anda harus mengonsumsinya beberapa kali secara rutin.

Peterseli mengandung klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai pigmentasi warna serta kaya akan vitamin K. Dimana kombinasi keduanya dipercaya efektif untuk mengurangi bengkak yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

Peterseli Bermanfaat untuk Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami baik oleh laki-laki maupun perempuan. Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit wajah tersumbat oleh kotoran, sehingga menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan berpotensi terjadi infeksi.

Nah, untuk mengatasi jerawat salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi peterseli. Karena peterseli memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah kemungkinan terjadinya infeksi lebih lanjut pada kulit, serta mengobati jerawat secara alami.

Peterseli Membuat Kulit jadi Bersih, Cerah dan Glowing

Punya kulit bersih dan cerah tentunya jadi impian setiap orang. Sudah melakukan cara apa saja nih, untuk mendapatkan kulit bersih dan cerah?

Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga cerah Anda harus banyak mengonsumsi bahan makanan alami seperti sayuran, dimana salah satunya adalah peterseli. Mengonsumsi peterseli bisa bantu menyeimbangkan dan mengontrol sebum di pori-pori kulit. Sehingga kulit jadi lebih bersih dan bebas minyak.

Peterseli Mengandung Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas Penyebab Penuaan Dini

Seperti yang diketahui, radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Radikal bebas akan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit sekaligus bisa mengganggu pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, peterseli punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dimana jika dikonsumsi secara rutin bisa bantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga efek samping penuaan dini pada kulit bisa dengan mudah dicegah.

Peterseli Bisa Jadi Solusi Alami untuk Menyamarkan Flek Hitam

Selain biasa digunakan sebagai penghias hidangan nyatanya peterseli bikin kulit sehat. Salah satunya bisa jadi solusi alami untuk menyamarkan flek hitam yang timbul akibat faktor penuaan dini, kotoran, sisa makeup, dan paparan sinar matahari.

Ini karena peterseli mengandung nutrisi yang membantu kulit terlihat lebih awet muda dan sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.