oleh

Ingin Bangun Salat Subuh Tepat Waktu? Ini Dia 4 Tipsnya

PortalMadura.Com – Subuh merupakan salah satu salat fardu (wajib) yang dilakukan di waktu fajar sampai menjelang matahari terbit. Namun, hal ini terkadang sangat sulit untuk dilakukan umat muslim di awal waktu.

Seringkali, hawa fajar yang dingin dan lingkungan masih sepi sering membuat Anda tergoda untuk tidur kembali. Sehingga, Anda melakukannya di waktu matahari sudah memperlihatkan sinarnya. Padahal di dalam Islam, salat subuh adalah pengawal kegiatan seseorang serta memiliki manfaat melapangkan rezeki seseorang.

Sebagaimana yang diceritakan ketika Rasulullah selesai salat subuh dan melihat putrinya masih tertidur, beliau membangunkannya dan mengatakan bahwa waktu untuk salat subuh adalah waktu sebelum terbitnya matahari. Di mana pada waktu ini Allah SWT membagi-bagikan rezeki.

Meski salat subuh susah untuk dilakukan. Namun, sebagai orang muslim Anda memiliki kewajiban untuk bangun dan mengagungkan Allah di waktu tersebut seperti yang tertulis dalam hadis riwayat Ahmad. Dalam hadis itu, Rasulullah meminta kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam yang memegang kekuasaan akan segala yang terjadi di dunia untuk memberkati umat dari Rasulullah di pagi hari.

Mengingat Rasulullah telah mendoakan Anda untuk diberkati saat salat subuh, maka ada beberapa cara agar Anda mudah bangun salat subuh. Yuk, disimak berikut ini penjelasannya:

iklan hari santri

Mengetahui Tentang Efek Buruk Meninggalkan Salat Subuh di Pagi Hari
Ternyata, banyak alasan mengapa orang-orang tidak berani meninggalkan salat subuh, dan hal itu karena ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi jika Anda meninggalkan salat yang satu ini.

Ketika Anda meninggalkan salat subuh, maka biasanya jiwa Anda akan menjadi lemah, dan Anda juga akan menjadi lebih mudah meninggalkan persoalan agama yang lainnya.

Mengetahui Apa yang Bisa Ia Peroleh dari Salat Subuh
Karena ada banyak keburukan meninggalkan subuh, ternyata banyak juga kebaikan yang bisa didapat ketika Anda melakukan salat subuh, apalagi jika dilakukan berjemaah. Karena hal ini, banyak mereka yang menerapkan macam-macam cara agar bangun salat subuh dengan cara mereka sendiri.

Tidur Lebih Cepat
Cara yang paling mudah dan bisa diaplikasikan oleh semua orang adalah dengan tidur di waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan biasanya.

Waktu tidur normal untuk orang dewasa adalah 6 hingga 7 jam, jadi lakukan perhitungan sendiri dan tidur 7 hingga 8 jam sebelum waktu subuh tiba.

Memelihara Cara Tidur yang Baik
Hal yang memiliki peran penting untuk membantu waktu tidur Anda adalah dengan mempertahankan adab tidur Anda.

Pastikan Anda selalu berdoa sebelum tidur, dan kalau bisa bacalah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebelum tidur. (kumpulanmisteri.com/Lala)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.