Ingin Belikan Anak Mobil? Pertimbangkan 3 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Belikan Anak Mobil? Pertimbangkan 3 Hal Ini
Ilustrasi (Beritagar)

PortalMadura.Com merupakan anugerah bagi setiap . Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan untuk membahagiakan sang anak. Salah satunya yaitu dengan membelikan .

Hal ini biasanya dilakukan orang tua untuk mempermudah mobilitas anak ketika akan melakukan aktivitasnya sehari-hari. Namun, yang perlu jadi pertimbangan yaitu keamanan saat berkendara. Selain itu, ada banyak risiko yang bisa terjadi pada anak.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa hal yang harus jadi pertimbangan orang tua ketika akan membelikan anak mobil.

Punya SIM dan Bertanggung Jawab

Orang tua jangan membelikan mobil jika anak masih di bawah umur dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal itu sama saja dengan membiarkan terjadinya pelanggaran Pasal 281 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Orang tua-lah yang harus bertanggung jawab atas segala tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan anak yang tak memiliki SIM. Dalam ketentuan membuat SIM, usia minimal sang anak adalah 17 tahun.

Selain itu orang tua harus memahami psikologis anak sendiri. Pastikan bahwa sang anak memang sudah bisa bertanggung jawab atas segala perbuatannya sebagai pengendara mobil.

Pertimbangkan dua kali untuk membelikan mobil untuk anak, terutama jika dirasa sang anak masih memungkinkan untuk menggunakan sepeda motor atau kendaraan umum untuk beraktivitas.

Sesuai Bujet

Tidak perlu harus menuruti keinginan anak, atau memasakan diri membelikan mobil yang diinginkan sang anak jika harganya terlalu tinggi. Mengingat mobil ini adalah hadiah? dari , maka Anda yang berhak menentukan merek, tipe, dan serinya.

Kasilah pengertian bahwa mobil yang diberikan berfungsi untuk mempermudah transportasi sehari-hari. Dengan adanya mobil, keselamatan sang anak di jalan diharap bisa semakin terlindungi dan kelelahan fisik bisa diminimalisir.

Setelah menentukan harga mobil yang hendak dibeli, rencanakan hal ini satu, dua, atau tiga tahun sebelum membeli. Lalu sisihkanlah dana setiap bulan atau tahun dalam jumlah yang sudah ditentukan agar proses pengumpulan dana menjadi semakin ringan.

Asuransi

Melindungi mobil bukan hanya sebatas mengenalkan anak tentang pengetahuan keamanan berkendara, namun juga dengan mengasuransikan mobil Anda.

Asuransi lah satu-satunya yang bisa memberikan perlindungan atas kerugian finansial, terhadap segala risiko finansial yang muncul.

Kenali beberapa komponen yang berkaitan dengan besaran premi asuransimobil. Pertama adalah domisili mobil Anda, kedua adalah kategori harga mobil, dan yang terakhir adalah jenis asuransiyang dipilih yaitu All Risk (comprehensive) atau Total Loss Only (TLO).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.