oleh

Rasulullah Anjurkan Baca Doa Ini Saat Buka Puasa Senin Kamis

PortalMadura.Com – Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunah yang dimuliakan pahalanya. Puasa ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah karena memiliki keutamaan yang luar biasa dan sering dilakukan oleh Rasulullah.

Saat buka puasa, biasanya umat Muslim membaca doa sebagai bentuk ucapan rasa syukur karena telah melaksanakan ibadah puasa dengan lancar. Berbicara tentang doa, tahukah Anda jika ternyata ada doa buka puasa Senin Kamis yang mempunyai nilai keutamaan tinggi?.

Selamat Ibadah Puasa

Pasalnya, doa ini diajarkan oleh Rasulullah. Tidak hanya untuk puasa Senin Kamis saja, tetapi juga baik untuk puasa di bulan suci Ramadan. Lalu, bagaimana bacaan doanya?. Berikut penjelasan lengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (2/3/2021) dari laman Okezone.com:

Adapun doa yang ajarkan Rasullulah adalah:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabah zhoma-u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah”. Artinya: “(Dahaga telah hilang, urat-urat telah basah, dan moga ditetapkan pahala insya Allah)“.

Dan amalan ini berlaku untuk puasa wajib dan puasa sunah seperti Senin Kamis karena hadisnya adalah mutlak untuk setiap puasa.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal mengatakan inilah hadis yang sahih yang patut diamalkan. Sementara do’a “allahumma laka shumtu …” tidaklah sahih karena perawinya matruk (pendusta).

Dia juga menyebutkan dari laman Rumasyo, jika dikatakan bahwa waktu berbuka puasa adalah waktu mustajabnya doa, maka jangan tinggalkan sunah ini untuk memohon setiap hajat, hajat apa pun itu. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar