IPTEK  

Ingin Berjualan di Marketplace? Ketahui Keuntungannya Lebih Dulu!

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Berjualan di Marketplace? Ketahui Keuntungannya Lebih Dulu!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini kita berada di era serba digital yang memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat dalam menjalani berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan berbelanja. Saat ini Anda bisa membeli segala keperluan dan barang di toko online yang tersedia di berbagai platform.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, kini berbelanja secara online jadi salah satu hal yang populer di dunia. Dulu, Anda harus membeli sesuatu di toko secara langsung, namun kini Anda hanya perlu membuka aplikasi dan barang akan diantar dengan cepat ke rumah. Tak heran, kini banyak penjual yang daftar jualan online di berbagai marketplace agar memudahkan mereka mendapatkan pelanggan.

Selain menghemat waktu belanja, adanya marketplace seperti Blibli ini sangat menghemat uang. Apalagi jika marketplace tersebut memiliki sistem gratis ongkos kirim ke seluruh daerah di Indonesia.

Bagi Anda yang belum tahu, marketplace adalah salah satu platform jual beli yang memberikan penawaran berbagai produk atau jasa. Namun, marketplace ini hanya bertindak sebagai pihak ketiga atau perantara yang menghubungkan komunikasi antara penjual dan pembeli.

Jadi bisa disimpulkan kalau marketplace adalah wadah penyedia jualan bagi para pelaku usaha online. Tidak hanya itu, biasanya marketplace bertindak dalam mengawasi transaksi jual beli yang berlangsung.

Misalnya, jika ada barang yang belum sampai atau tidak dikirimkan dan pembeli ingin uangnya dikembalikan, maka Anda dapat menghubungi layanan pelanggan dari marketplace tersebut. Dari sini, pihak marketplace dapat membantu dalam proses pengembalian uang pembeli.

Adanya kemudahan ini tentunya memberikan berbagai keuntungan bagi Anda yang ingin membuka atau melebarkan bisnis di marketplace seperti Blibli. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja keuntungan dari menggunakan marketplace untuk menjual produk yang Anda tawarkan.

Keuntung Daftar Jualan Online di Marketplace

  1. Lebih Cepat Mendapatkan Konsumen

Karena sistemnya yang online, maka toko Anda akan memiliki peluang yang besar untuk diketahui oleh para calon pembeli. Apalagi jika Anda memasang tag yang sesuai dengan barang yang Anda pajang, maka pembeli akan langsung menghampiri lapak Anda jika harga dan deskripsi barang cocok dengan mereka.

Maka dengan mendaftar di marketplace, toko online Anda akan lebih dikenali oleh banyak orang dan menarik konsumen lebih banyak. Tentunya ini akan membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan yang maksimal juga.

  1. Tidak Repot

Keuntungan selanjutnya dari menjual barang di marketplace adalah Anda tidak perlu repot untuk merancang sistem berjualan. Pihak marketplace ini biasanya memiliki sistem yang tepat sebagai pihak ketiga. Mereka biasanya sudah memiliki wadah serta alur pembelian yang memudahkan bagi penjual dan pembeli.

Saat mendaftar, Anda hanya perlu memiliki nama toko, mengupload foto dan video produk, dan menambahkan deskripsi agar pembeli dapat mengunjungi toko Anda dengan mudah. Biasanya marketplace juga akan memiliki fitur chat yang memudahkan pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual.

  1. Sedikit Modal

Dalam mendaftarkan toko di marketplace, Anda bisa melakukannya secara gratis. Maka kamu bisa menghemat biaya untuk membuka website sendiri. Namun, di beberapa marketplace biasanya akan dibebankan biaya jika ingin meningkatkan status toko dan nominalnya tentu saja berbeda-beda di setiap tempat.

Walau mengeluarkan biaya, meningkatkan status toko ini tentunya menghadirkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Biasanya Anda akan diberikan promosi gratis hingga ditampilkan saat flash sale bulanan. Tentunya ini akan meningkatkan kepercayaan toko Anda di mata pembeli.

  1. Lebih Terpercaya

Salah satu kelebihan dari marketplace adalah lebih mudah meyakinkan pembeli dalam melakukan transaksi dengan penjual. Tentunya ini berbeda jika Anda membuka toko sendiri di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Ini karena sistem pembayaran yang dinilai aman oleh pembeli. Pembayaran dari pembeli biasanya akan diterima oleh penjual jika barang sudah diterima oleh pembeli. Sehingga jika produk yang diterima tidak cocok atau mengalami kerusakan, pembeli dapat melakukan klaim atau pengembalian dana dari pembeli.

  1. Bisa Memantau Perkembangan Bisnis

Marketplace yang ada di Indonesia telah memiliki fitur insight. Fitur ini berguna untuk memantau berapa banyak orang yang datang berkunjung ke toko Anda, jumlah orang yang merespon postingan produk Anda, dan jumlah pembeli yang melakukan komunikasi serta transaksi.

Dengan begini, maka Anda dapat memantau perkembangan bisnis yang Anda jalani, Anda dapat melakukan evaluasi produk, membenahi strategi marketing, hingga mengetahui seberapa efektif kinerja dari marketplace tempat Anda berjualan.

Selain memiliki keuntungan yang dapat membantu Anda melakukan penjualan. Ada beberapa kerugian yang juga harus Anda ketahui agar dapat menghindarinya.

Salah satu dari kerugian berjualan di marketplace adalah persaingannya yang cukup tinggi. Walau memang akan selalu ada pesaing di segala usaha yang ada di dunia, namun persaingan di pasar online memang sangat tinggi.

Nah, supaya toko Anda selalu dilirik oleh pembeli, maka sebaiknya Anda merancang strategi pemasaran yang baik. Anda bisa mempromosikan kualitas produk yang Anda tawarkan adalah yang terbaik.

Bisa juga Anda memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen. Anda juga perlu merancang harga agar tidak terlalu mahal namun tetap mendapatkan keuntungan. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan program gratis ongkos kirim yang biasa diberikan oleh marketplace.

Salah satunya adalah Blibli. Tak hanya memiliki program gratis ongkos kirim, setiap barang yang dikirim penjual akan otomatis diasuransikan sehingga sebagai pembeli dan penjual tidak perlu khawatir produk akan rusak saat proses pengiriman.

Itulah berbagai keuntungan yang bisa Anda rasakan sebagai penjual yang ingin memulai atau meluaskan usaha online Anda. Semoga artikel ini dapat membantu!.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.